Gus Rommy: Pertemuan IMF-World Bank Momen Bersejarah

24
muhammad-romahurmuziy-mengatakan-kita-jangan-terkotak-kotak-dan-tersekat-sekat
Foto : Istimewa

PPP.OR.ID – Ketua Umum PPP, M Romahumuziy membantah klaim kubu oposisi yang menyebut pertemuan tahunan IMF-World Bank merupakan sebuah pemborosan dan merugikan Indonesia. Pertemuan ini menurutnya selain bisa memberikan keuntungan ekonomi, juga membuat Indonesia menjadi negara terpandang di dunia.

“Acara rutin pertemuan tahunan IMF-World Bank ini merupakan momen bersejarah bagi koordinasi dan pembahasan kebijakan ekonomi dunia yang dihadiri 189 negara,” kata Gus Rommy, Senin (8/10/2018).

Dipilihnya pertemuan bersejarah ini, menurut Gus Rommy juga merupakan pengakuan bahwa Indonesia mempunyai peranan di kancah ekonomi global. Apalagi banyak topik menarik dan strategis yang dibahas dalam pertemuan penting ini.

“Salah satu topik yang akan dibahas adalah pembangunan inklusif bagi kesejahteraan penduduk, khususnya di negara berkembang. Dan Indonesia menjadi contoh bagi negara berkembang lainnya karena berhasil menurunkan kemiskinan hingga satu digit untuk pertama kalinya dalam sejarah,” tambah Gus Rommy.

Prestasi ini sempat disanjung oleh Direktur IMF, Christine Lagarde yang menyebut Indonesia sebagai salah satu negara yang sukses memberikan pemerataan ekonomi bagi kaum dhuafa.

Karena sejumlah hal itulah, Gus Rommy meminta semua pihak untuk mendukung perhelatan yang berlangsung di Nusa Dua Bali ini. Apalagi di momen ini Indonesia bisa memberikan pelajaran kepada seluruh pemimpin dunia, termasuk para gubernur bank sentral dan menteri keuangan dunia, tentang bagaimana keluar dari krisis besar yang pernah terjadi pada 1998 silam.

“Pada saat krisis ekonomi 1998, Indonesia sempat terpuruk dengan depresi rupiah yang mendalam, inflasi naik signifikan dan pertumbuhan ekonomi minus -13 persen,” jelas Gus Rommy.

Untuk menghindari krisis kembali, Gus Rommy menyebut Indonesia memiliki protokoler pencegahan krisis di Indonesia semakin baik. Yaitu dengan adanya UU No 9 tahun 2016 tentang PPKSK (pencegahan dan penanganan krisis sistem keuangan). (Sk)