Gus Yasin Himbau Relawan Tak Gunakan Hoax Untuk Kampanye

    57

    PPP.OR.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jepara memperingati Hari Lahir (Harlah) PPP ke-45 di Gedung Haji Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (4/3/2018).

    Acara tersebut dihadiri langusng oleh Calon Wakil Gubernur Jateng nomor urut dua, Taj Yasin Maimoen. Beliau merupakan putra K.H. Maimoen Zubair pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

    Diketahui, dalam acara tersebut Gus Yasin menghimbau, bahwa pihaknya melarang para relawan menggunakan berita hoax untuk menyerang lawan politik di media sosial.

    “Setiap ada pembentukan relawan, selalu saya sampaikan untuk tidak menggunakan hoax dalam kampanye di media sosial. Meski ada pihak yang menyerang kami, kami tetap melarang relawan untuk menggunakan hoax. Lebih baik kita lawan hoax di masyarakat” tutur beliau.

    Terkait hal itu, Gus Yasin mengatakan, bahwa pihaknya memiliki banyak sekali relawan, mulai dari Santri Gayeng, GPK, Perempuan Gayeng dan lain sebagainya. Selain bergerak di masyarakat, relawan tersebut juga bergerak di media sosial, sehingga harus dibekali pengetahuan untuk tidak menyebarkan berita hoax dan bahkan kalau bisa melawannya.

    “Sebagai insan yang cerdas, kita harus bijak dalam menggunakan mendsos, apalagi untuk kampanye. Salah satu caranya dengan tidak menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya, sebelum di klarifikasi atau di tabayyunkan,” tambah beliau.

    Gus Yasin menambahkan, hal tersebut harus dilakukan, untuk menjaga kualitas demokrasi di Jawa Tengah agar bisa dijadikan contoh oleh Provinsi lain dalam pelaksanaan Pilkada nantinya. (Ch)