Gus Yasin Minta Lakukan Penataan Izin Pertambangan

    102

    PPP.OR.ID – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Tengah yang diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Taj Yasin Maimoen menyampaikan, pihaknya menginginkan penataan izin pertambangan di Jawa Tengah agar terus di maksimalkan. Hal ini menjadi penting, agar nantinya tidak berbenturan dan mengganggu lingkungan.

    Selain itu, beliau juga mengungkapkan, izin pertambangan nantinya akan mendapat prioritas terpenting, hal ini terkait dengan masalah pajak industri dan gamping. Sebab, beberapa waktu lalu ada beberapa perizinan yang mengalami perubahan kewenangan.

    “Dengan lebih tertatanya perizinan yang akan segera diterapkan, diharapkan semuanya berjalan dengan baik dan lancar kedepannya. Dan terkait perizinan tambang, di 2018 ada penataan yang lebih baik lagi,” jelas beliau, Minggu (25/3/2018).

    Senada dengan itu, Gus Yasin mengaku, pihaknya telah beberapa kali mendengar keluhan dari masyarakat, terkait soal izin pertambangan. Beliau mengatakan, banyak sekali yang merasa perizinan prosesnya terlalu berbelit dan memakan banyak waktu.

    Selain itu, lanjut beliau, kendalanya bukan ada di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, namun justru sulitnya ada di wilayah Kabupaten.

    “Ada salah satu pengusaha yang mengeluhkan proses perizinan yang membutuhkan waktu lama, hal itu bisa menganggu produktivitas. Termasuk di izin eksplorasi yang pengurusannya membutuhkan waktu berbulan-bulan,” ungkap beliau.

    Di hadapan ratusan pengusaha Rembang, Gus Yasin meminta kepada para pengusaha di Rembang, agar bisa turun tangan untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat sejahtera.

    “Contohnya memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) milik perusahaannya untuk bisa dimanfaatkan untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Pengusaha bisa berpartisipasi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, misalnya bisa melalui program kemitraan CSR,” pesan beliau. (Ch)