Hadiri Milad Muhammadiyah, Ketum PPP: Ta’awun itu Indonesia banget

150
PPP
Dok. PPP

http://PPP.OR.ID , Jakarta – Ketua Umum PPP, M Romahurmuziy bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja menghadiri milad Muhammadiyah ke-106 di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Milad kali ini mengangkat tema ‘Ta’awun untuk Negeri’, yang menurut Gus Rommy–sapaan akrab M Romahurmuziy–sangat sesuai dengan kiprah Muhammadiyah selama ini.

Ta’awun itu Indonesia banget. Ta’awun merupakan perintah Alquran yang maknanya kerja sama. Kita juga menyebutnya gotong-royong,” kata Gus Rommy, Senin (19/11/2018).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (18/11), Gus Rommy menyebut kerja sama yang dimaksud bukan hanya berdimensi horizontal atau hubungan dengan manusia (hablum minannas), tapi juga kerja sama berdimensi vertikal dengan Tuhan (hablum minallah).

“Jadi, ajakan Muhammadiyah itu sangat mencerminkan kebutuhan nasional saat ini, yang level egosentrismenya di tahun politik ini sedang tinggi-tingginya satu sama lain,” jelasnya.

Gus Rommy pun mengimbau, agar perbedaan politik yang cukup tajam di tahun politik ini tidak menghentikan kerja sama di antara masyarakat Indonesia. Apalagi saat ini terlihat benih-benih saling curiga dan saling tidak percaya muncul di tengah masyarakat. Terutama di dunia maya, dengan ramainya berita palsu (hoax) dan ujaran kebencian yang bisa memprovokasi.

Maka, menurutnya, spirit ta’awun yang diusung Muhammadiyah harus bisa memberi inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk tidak pernah lelah bekerja sama. Indonesia akan lebih kuat dan maju jika di antara kelompok masyarakat bisa bersatu dan bekerja sama membesarkan negeri.

“Tema itu juga sangat relevan karena yang dibutuhkan saat ini adalah kerja sama atas dasar kebersamaan, bukan saling melenyapkan atau meniadakan,” pungkas Gus Rommy. (Sk)