Ingatkan Ratna Sarumpaet, PPP: Proses Hukum Tak Boleh Diintervensi

115
achmad-baidowi ppp
Foto : Istimewa

PPP.OR.ID – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PPP, Achmad Baidowi, mengingatkan kepada pihak tersangka kasus hoaks Ratna Sarumpaet untuk menghormati proses hukum yang berlaku di Indonesia. Apalagi, kata Baidowi, hukum tidak boleh diintervensi oleh siapa pun dalam prosesnya.

Hal tersebut terkait permintaan pengacara Ratna Sarumpaet yang ingin menjadikan kliennya itu sebagai tahanan kota. Di sisi lain, saat ini polisi melakukan penahanan terhadap Ratna Sarumpaet.

“Sebagai negara hukum proses hukum tak boleh diintervensi,” kata Baidowi, Minggu (7/10/2018).

Soal penahanan, kata dia, hal tersebut merupakan kewenangan penyidik. Pasalnya, menurut anggota DPR ini, penyidik memiliki alasan tersendiri apabila melakukan penahanan terhadap seorang tersangka.

“Karena ditahannya seseorang itu dikhawatirkan melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan melakukan tindak pidana lagi,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Baidowi berharap kepada pihak Ratna Sarumpaet untuk menghormati proses hukum yang berlaku. “Nah hal itu menjadi ranah penyidik. Jika karena pertimbangan penyidik seseorang ditahan ataupun menjadi tahanan kota, ya kami hormati,” tandasnya. (Sk)