Ketum PPP Ingatkan Prabowo: Sekarang Bukan Zaman Orba

59
muhammad-romahurmuziy-mengatakan-kita-jangan-terkotak-kotak-dan-tersekat-sekat
Foto : Istimewa

http://PPP.OR.ID , JakartaKetua Umum PPP, M Romahurmuziy (Gus Rommy) menanggapi calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, yang beberapa waktu lalu mengungkapkan adanya ancaman kepada elite tertentu yang ingin mendukungnya. Gus Rommy menilai, saat ini sudah tak ada lagi ancaman seperti zaman orde baru.

“Mungkin Pak Prabowo lupa, bahwa sekarang bukan lagi zaman Orba. Era sekarang jauh berbeda dengan zaman Orba di mana Prabowo pernah menjadi pejabat militer saat itu. Tidak ada belenggu atas kebebasan berpendapat dan memilih, termasuk di pemilihan umum,” kata Gus Rommy, Sabtu (24/11/2018).

Menurut Gus Rommy, di zaman Orba sudah biasa terjadi pemberangusan lawan politik. Bahkan tidak segan menggunakan cara-cara kekerasan untuk membungkam lawan politik, sehingga hanya yang berkuasa akan selalu berkuasa.

Sementara sejak awal reformasi, kebebasan berpendapat berserikat dibuka selebar-lebarnya. Sehingga setiap orang tidak perlu takut untuk menyampaikan pendapatnya di muka publik. Bahkan, lanjut Gus Rommy, saat ini penguasa tidak bisa mengatur dan memobilisasi dukungan aparatur sipil negara (ASN), Polri dan TNI pada partai tertentu, sebagaimana yang lazim berlaku di era Orba. UU yang mengatur ASN, Polri dan TNI mengamanahkan agar mereka netral dalam pesta demokrasi.

“Saat ini jauh berbeda dengan zaman otoriter Orba. Masyarakat bisa menyampaikan pendapatnya dan ini dijamin oleh Undang-undang,” pungkas Gus Rommy. (Sk)