Ketum PPP Minta Mahasiswa Muhammadiyah MelekDigital Entrepreneurship

83
PPP
M Romahurmuziy

http://PPP.OR.ID , Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI yang sekaligus Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy meminta kalangan anak muda, khususnya mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital. Literasi digital ini bisa menjadi modal mereka untuk arif bermedia sosial, sekaligus bisa memanfaatkan peluang yang ada di tengah kemajuan dunia digital.

“Saat ini perkembangan dunia digital begitu pesat. Sehingga sering melahirkan banyak perubahan yang membuat banyak orang terkejut, termasuk di dunia ekonomi. Hal ini juga yang sering disebut dengan disrupsi ekonomi,” kata Gus Rommy, sapaan akrabnya, saat memberi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Kendari Sulawesi Tenggara, Senin (10/12/2018).

Gus Rommy menyebut, perkembangan dunia digital itu saat ini sangat dekat dan saling berkaitan dengan kalangan millennial dan post millennial. Bahkan segala lini kehidupan mereka tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Karena terbukti mampu membuat kehidupan lebih praktis dan semua pekerjaan bisa lebih otomatis dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

“Digitalisasi mendorong terciptanya jenis pekerjaan baru yang lebih produktif dan lebih besar jumlahnya. Namun digitalisasi juga membuat banyak pekerjaan terancam hilang, karena diganti dengan robot,” kata Gus Rommy.

Makanya, ia meminta anak muda untuk menggeluti digital entrepreneurship. Karena di masa masa mendatang, orang yang menguasai dunia digitallah yang akan mempunyai pengaruh paling besar di dunia. Bahkan pengaruhnya sudah terlihat saat ini.

“Nantinya 60% jabatan di dunia akan menggunakan otomatisasi. Dan 30% jabatan akan digantikan mesin-mesin canggih,” kata Gus Rommy.

Anak muda tidak bisa hanya menjadi user atau pengguna teknologi, namun juga perlu menjadikannya sebagai peluang menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Oleh karena itu perlu ada semangat kewirausahaan (entrepreneurship) dan berani mengambil keputusan untuk memulai sebuah usaha yang sebelumnya tidak banyak dipikirkan orang.

Gus Rommy mencontohkan sejumlah startup yang dibangun oleh anak muda Indonesia seperti yang bergerak di transportasi online (Gojek), e-commerce (Bukalapak, Sale Stock), fintech (Amartha), bahkan dunia pertanian (iGrow). (rel/Sk)