Ketum PPP Nilai Keharmonisan Keluarga Jokowi Bisa Jadi Tolok Ukur Keberhasilan sebagai Pemimpin

226
PPP
Dok. PPP

PPP.OR.ID , Jakarta – Keberhasilan kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam menjalankan roda pemerintahan tak bisa dilepaskan dari bagaimana keberhasilannya memimpin keluarga. Hal ini menjadi dasar yang kuat bagi Jokowi untuk memimpin Indonesia.

“Keluarga adalah hal yang paling inti dalam sebuah bangsa. Karena pada dasarnya, bangsa adalah keluarga besar,” kata Ketua Umum PPP, Romahurmuziy, Selasa (22/1).

Pria yang akrab disapa Gus Romy ini menilai Jokowi punya kapasitas memimpin keluarganya. Dalam beberapa kesempatan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tampil bersama istri, anak, dan cucunya. Suasana akrab nampak natural dan tak dibuat-buat.

Kondisi seperti ini menggambarkan keharmonisan dari keluarga yang dipimpin Jokowi. Tak hanya itu, dari sisi kapasitas calon presiden nomor urut 01 itu terbukti mencetak bibit andal.

Gus Rommy melanjutkan, anak-anak Jokowi tak memanfaatkan posisi Jokowi untuk masuk ke pemerintahan atau hal berkonotasi negatif lain. Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi, menjadi pengusaha waralaba. Begitu pula dengan anak ketiganya, Kaesang Pengarep.

Dengan keberhasilan dan kemandirian anak-anaknya, tak heran jika Jokowi sukses memimpin Indonesia.

“Bagaimana mau mengurus Indonesia kalau mengurus keluarga kecil saja tidak bisa,” ulasnya.

Gus Rommy menyebut, dalam relasi antara ketua umum partai dengan petahana atau calon yang didukung, sifat Jokowi tak jauh berbeda dengan saat mengurus keluarga. Putra Boyolali itu memangkas jarak dan berdialog apa adanya, sehingga tak ada jarak saat berkomunikasi. (Sk)