Ketum PPP: WFD Kagumi Demokrasi Indonesia

34
PPP
Dok. PPP

http://PPP.OR.ID , Jakarta – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menerima kunjungan Chief Executive Westminster for Demokrasi (WFD), Anthony Smith, yang memiliki konsentrasi atau fokus pada penguatan parlemen dan partai politik.

Ketua umum PPP, M Romahurmuziy mengatakan bahwa, partainya sudah lama menjalin hubungan WFD sebagai langkah peningkatan kualitas kinerja parlemen.

“Mereka (WFD) mengajak dua hal sebenarnya. Pertama adalah melakukan peningkatan kapasitas kinerja parlemen dan mereka yang kedua ingin belajar ke Indonesia tentang bagaimana mengelola transformasi demokrasi yang multidImensional dalam kurun waktu yang secara damai,” ujar Gus Rommy, sapaan akrab Romahurmuziy, disela-sela pertemuannya di ruang Fraksi PPP DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Menurutnya, kekaguman negara di dunia terhadap sistem demokrasi yang dimiliki Indonesia tidak lepas dari kerja semua stakeholder yang terus menyesuaikan sistem demokrasi dengan kebudayaan yang ada.

“Jadi mereka sangat kagum dengan Indonesia karena mereka melihat dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ternyata mampu berubah dalam multi dimensi ekonomi, demokrasi, lokal otonomi dan berbagai regulasi,” jelasnya.

Dengan demikian, Gus Rommy mengatakan pentingnya kerjasama dengan semua pihak baik dalam maupun luar negeri. Terlebih lagi proses penguatan dan kinerja parlemen yang sejauh ini sudah berhasil membuat terobosan-terobosan.

“Tentu kita berikan ruang seluas-seluasnya kepada mereka untuk belajar. Kalau negara-negara dari luar indonesia bahkan Inggris ingin belajar tentang bagaimana melakukan transformasi dengan damai, yang mereka ingin tularkan tentunya kepada negara demokrasi lainnya, nah tentunya kita akan sangat terhormat,” tandasnya. (Sk)