Legislator PPP Dapil Bulukumba Minta Kades Perhatikan Regulasi

245
PPP
Foto : Istimewa

PPP.OR.ID , Sulawesi Selatan Legislator PPP Bulukumba, Muhammad Jufri, meminta kepala desa (Kades) dan tim penyusun dokumen hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), agar memperhatikan regulasi. Pasalnya, regulasi terkait pedoman penyusunan dokumen perencanaan sebagai bahan untuk menyusun RKP Desa, setiap tahunnya kerap berubah-ubah.

Olehnya, hal tersebut harus menjadi perhatian khusus tim penyusun, karena menyangkut pembangunan dan serapan aspirasi warga.

“RKP Desa salah satunya yang menjadi rujukan pagu indikatif dan Renstra OPD di masing-masing desa supaya ada sinkronisasi antara arah kebijakan kabupaten,” ujar Muh Jufri.

“Sebagaimana diatur dalam Permendagri 114 tahun 2014 tentang perencanaan pembagunan desa dan dan permendagri 130 tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat kelurahan. Juga Permendagri 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa baik diatas base maupun kewenangan kabupaten dan desa, memang harus jelas, agar di dalam penyusunan rancangan pembangunan setiap tahunnya betul-betul terarah dan berpihak pada skala prioritas,” imbuhnya.

Legislator Dapil Bulukumpa-Rilau Ale ini, berharap Kades dapat melakukan pemilahan yang bisa dibiayai desa, kabupaten, provinsi dan pusat.

“Mudah-mudahan di setiap tahunnya terus dilakukan penyempurnaan atau perbaikan dengan regulasi selaku pedoman perencanaan pembangunan disemua tingkatan, agar yang menjadi harapan-harapan rakyat bisa kita realisasikan sedikit demi sedikit setiap tahunnya,” tandasnya. (sk)