LIPI-HJP Bagikan 4000 Pohon

54

PPP.OR.ID – CIBEBER – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan anggota DPR RI Joko Purwanto bagikan 4000 bibit tanaman berbuah kepada masyarakat Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber, (5/5).

Selain menerima bibit tananam berbuah masyrakat juga menerima bantuan pupuk organik. Kegiatan itu pun diserahkan langsung Kepala LIPI, Didik Widiyatmoko dan Anggota DPR RI dari Fraksi PPP Joko Purwanto.

Kepala LIPI, Didik Widiyatmoko mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk gerakan aksi nyata LIPI terhadap pentingnya menjaga kelestarian alam. Sehingga, harus disosialisasikan dan diimplementasikan kepada masyarakat tentang bagaimana cara menjaga lingkungan yang baik dan benar, salah satunya yaitu dengan cara menanam tanamanan di setiap sudut lahan yang sudah kritis.

“Adapun yang ditanam pada kegiatan konservasi ini pohon yang ditanam adalah pohon yang berbuah seperti pohon durian montong 1000 bibit, pohon rambutan binjai 1000 bibit, pohon kayu gamelina 1000 bibit dan pohon trembesi 1000 bibit,” katanya.

Lanjut Didik, keberadaan pohon-pohon atau tanaman berkayu akan mampu menahan serta menyimpan air, mencegah bahaya longsor dan banjir bandang, dan mengembalikan debit air dari mata air.

“Kita sengaja menanam tanaman buah dan tanaman keras sebagai konservasi. Di sisi lain, penanaman ini juga akan memberikan manfaat bagi pengelola di saat mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu Anggota Komisi VII DPR RI H Joko Purwanto menambahkan, program tersebut akan berkelanjutan. Ia berharap agar pihak lain pun ikut berpartisipasi dalam membudayakan gerakan aksi penanaman pohon.

“Dengan penanaman pohon, lingkungan kita terlihat asri dan sejuk, serta dapat meminimalisir terjadinya bencana. Kami mengapresiasi apa yang dilakukan LIPI. Sebab, dengan aksi tersebut lingkungan tentunya akan asri dan hijau,” pungkasnya. (radarcianjur/TN)