Manfaat Shalat Bagi Kesehatan

    53

    PPP.OR.ID – Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia dan dalam masyarakat diyakini sebagai agama universal. Bukan hanya berkaitan dengan keimanan dan ketundukan pada Allah semata, ternyata praktek-praktek peribadatan dalam Islam juga mempunyai dampak positif bagi kesehatan. Kita telah banyak mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan, ternyat shalat juga memiliki manfaat kesehatan. Hasil penelitian kesehatan memberikan beberapa fakta mengenai manfaat antara lain:

    1. Memperlancar Peredaran Darah

    Gerakan yang mampu meperlancar peredaran darah pada tubuh yakni Gerakan takbiratul ihram. Saat melakukan takbiratul ihram, posisi jantung berada tepat dibawah otak, hal inilah yang menyebabkan peraliran darah menjadi lancar. Ketika gerakan takbir, dimana kedua tangan diangkat, maka otot bahu akan meregang sehingga aliran darahpun menjadi lebih lancar.

    2. Menjaga Kesempurnaan Posisi dan Fungsi Tulang Belakang

    Gerakan yang mampu menjaga fungsi tulang belakang yakni gerakan rukuk. Apabila dilakukan dengan benar posisi kepala akan lurus dengan tulang belakang, hal inilah yang membuat tulang belakang tetap berfungsi secara baik, sepeti terhindar dari penyakit tulang, skoliosis, lordosis, maupun kifosis.

    3. Memperlancar Pencernaan

    Gerakan dalam sholat yang mampu memperlancar pencernaan dalah gerakan I’tidal. Gerakan yang dilakukan setelah rukuk ini mampu melonggarkan kembali otot-otot diperut, sehingga perut seakan-akan mendapat pemijatan, sehingga mampu melancarkan pencernaan.

    4. Melancarkan Aliran Darah ke Otak

    Aliran darah ke otak menjadi lancar sat melakukan gerakan Sujud. Darah yang mengangkut oksigen akan lebih mudah mengalir menuju kepala.

    5. Kecerdasaan Meningkat

    Aliran darah yang lancar ke kepala pada saat melakukan gerakan sujud juga akan memudahkan seseorang untuk berpikir.

    6. Menghilangkan nyeri

    Pada saat melakukan tahiyyat, tubuh akan bertumpu pada pangkal paha, posisi ini mampu menghilangkan nyeri pada pangkal paha, karena pada saat tersebut tubuh terhubung pada syaraf nervus Ischiadius

    7. Merelaksasi otot sekitar leher dan kepala

    Gerakan yang mampu memberikan relaksasi pada otot leher dan kepala tidak lain adalah gerakan salam, karena pada saat melakukan gerakan ini kepala diputar ke kiri dan ke kanan secara maksimal.

    8. Mempercantik postur tubuh

    Pada saat melakukan gerakan sujud, otot dada dan lengan juga menompang beban tubuh. Gerakan-gerakan tersebut merupakan gerakan streching/merengangkan yang mampu mempercantik posisi tubuh. (tran)