Maraknya TKA Ilegal Asal Cina, PPP Minta Menaker Tidak Diam

96

PPP.OR.ID – JAKARTA – Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri harus menjelaskan secara rinci soal maraknya tenaga kerja asing (TKA) asal Cina yang melakukan pelanggaran.

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi. Jangan sampai, ucapnya, terkesan tidak ada pihak yang bertanggung jawab dengan maraknya pelanggaran yang dilakukan TKA ilegal asal Cina.

“Menaker jelaskan secara komprehensif apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Termasuk pelanggaran yang terjadi terkait visa TKA” kata Arwani kepada TeropongSenayan di Jakarta, Senin (26/12/2016).

Lebih jauh, anggota Komisi I DPR ini menuturkan, jika kebijakan bebas visa menimbulkan banyak persoalan, maka sudah sepatutnya ada evaluasi menyeluruh terkait hal tersebut.

“Maka sangat perlu untuk dievaluasi kembali” ucapnya.

TKA ilegal asal Cina belakangan ini kerap berulah. mulai dari kasus pelanggaran izin tinggal, melakukan tindakan culas dengan membawa bakteri dalam benih cabai yang ditanam di Bogor hingga pengibaran bendera Cina di sejumlah daerah di Indonesia. (TEROPONGSENAYAN/TN)