Melaju di Pilgub Jateng, Ganjar-Gus Yasin Dapat Restu Mbah Moen

    61

    PPP.OR.ID – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah menentukan sikapnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018, Ketum PPP M. Romahurmuziy mengatakan bahwa partainya mengusung pasangan calon Ganjar Pranowo bersanding dengan Gus Yasin.

    Ketum Romahurmuziy juga menegaskan, keputusan memajukan Gus Yasin didapatkan dari hasil berkonsultasi dengan Ketua Majelis Syariah PPP, Mbah Moen, di mana Gus Yasin sendiri merupakan putra K.H. Maimoen Zubair (Mbah Maimoen).

    “Jadi ini adalah kader dari PPP, juga warga Nahdliyin, dan putra kyai paling sepuh yang hari ini ada di Nahdlatul Ulama,” tutur Romahurmuziy Ahad (7/1/2018).

    Selain itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jateng Masrukhan Syamsurie membeberkan, penunjukan Taj Yasin atau Gus Yasin mendampingi Ganjar Pranowo berdasarkan keputusan bersama sejumlah parpol, meliputi PDI Perjuangan, PKB, PPP, Golkar, Hanura, dan Nasdem.

    Menurut Masrukhan, dinamisasi menjelang keputusan itu memang sangat tinggi, hingga akhirnya disepakati untuk tetap menunjuk sosok Cawagub dari kalangan santri.

    “Yang memutuskan pasangan Ganjar-Yasin itu rapat koalisi yaitu PDIP, PPP, PKB, Golkar, Hanura, Nasdem. Jadi, enam Parpol itu yang memutuskan nama calon,” ungkapnya.

    Masrukhan menambahkan, penunjukan Gus Yasin itu sudah mewakili kalangan santri. Sehingga, pasangan Ganjar-Yasin nantinya disebutnya pasangan sempurna, karena Calon Gubernur mewakili kelompok nasionalis dan wakilnya mewakili kelompok religius.

    “Ini merupakan suatu kepercayaan yang diberikan partai koalisi ke PPP. Mungkin dianggap ini representtasi dari kekuatan segmen kalangan santri, karena Gus Yasin basisnya santri dan puteranya Mbah Moen. Kami ucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada PPP,” pungkasnya. (Ay)