Memulai Karir Politik Sebagai Pengurus PAC PPP, Uu Ruzhanul Ulum Bagi Kisah Kesuksesan Politik

    70

    PPP. OR.ID – Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur jawa Barat menjadi narasumber diskusi publik dengan Tema “Gaya Komunikasi Politik Santri” yang digelar oleh Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) di Auditorium FPIPS Gedung Nu’man Somantri, Kampus UPI, Jl. Setiabudi Kota Bandung, Kamis 13 September 2018.

    Uu sapaan akrabnya mengatakan bahwa modal utama karir politiknya bukanlah uang tetapi silaturahim. Silaturahim menjadi bagian penting dari kegiatan-kegiatan politik yang Uu lakukan.

    “Yang saya lalukan dalam event politik bukan uang yang kami miliki, bukan kemampuan yang kami miliki, tetapi hanya satu silaturahmi yang kami lakukan,” kata Uu.

    Uu menuturkan tiga hal yang mendorong langkah kita menapaki kesuksesan, yaitu niat yang lurus, tekad yang kuat, dan maksimalkan syariat.

    “Dalam tiga hal tersebut, kunci komunikasi yang saya rasakan adalah silaturahim. Karena dengan silaturahim semuanya akan selesai, perkelahian akan selesai, tujuan kita akan tercapai, keinginan kita akan berhasil,” ungkap Uu.

    Uu menapaki karir politik di usia 18 tahun sebagai sebagai pengurus Ranting PAC Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Setelah lulus kuliah di Universitas Siliwangi, Uu sudah bisa duduk di kursi DPRD Tasikmalaya. Bahkan di periode 2004-2009, Uu sudah dipercaya sebagai ketua DPRD Tasikmalaya.

    Kariernya di politik terus menanjak. Uu terpilih sebagai Bupati Tasikmalaya pada 2011, dan kembali terpilih menjadi Bupati Tasikmalaya untuk periode 2016-2021. Uu dan pasangannya, terpilih setelah menjadi calon tunggal dengan meraih 62 persen suara.

    Pada Pilgub Jawa Barat 2018, Uu mendampingi Ridwan kamil meraup suara 32,88 persen suara untuk merebut kursi gubernur dan wakil gubernur Jabar.