Mengenal Virus Komputer

78

PPP.OR.ID – Pengguna teknologi komputer telah mengalami kemajuan pesat sejak pertama kali ditemukan. Tentu tidak bisa dipungkiri banyak manfaat yang diperoleh dari perkembangan komputer. Seperti halnya manusia yang terserang penyakit, komputer demikian. Virus Komputer adalah salahsatu sumber penyakit dan masalah dalam dunia teknologi.

Berbagai macam jenis virus tentunya sekarang lebih banyak lagi. Pembuatannya juga dengan berbagai maksud dan tujuan. Seperti kasus yang terajadi akhir-akhir ini yaitu virus ransomware bernama Wanna Decryptor yang menyerang hampir 100 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Virus ini mengunci dan menyandera data computer yang terserang sehingga tidakbisa dibuka.

Jenis-jenis virus komputer sekarang semakin banyak dan beragam. Pembuatan virus komputernya juga dengan berbagai maksud dan tujuan. Seperti kasus yang terajadi akhir-akhir ini yaitu virus ransomware bernama Wanna Decryptor yang menyerang hampir 100 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Virus ini mengunci dan menyandera data computer yang terserang sehingga tidakbisa dibuka.

Virus computer adalah program komputer yang dapat menggandakan diri dan menyebar dengan menyisipkan salian diri keprogram atau dokumen dalam komputer. Virus computer dapar merusak dan mengganggu kinerja perangkat lunak seperti file dokumen, membuat memori penuh, membuat suatu program over prosess serta lain sebgainya. Namun ada juga yang memang tidak memberi efek sma sekali.

virus komputer dapat diketegorian dalam beberapa kelompok antaralain; Worm (Menduplikatkan dirinya sendiri membuat Harddisk menjadi penuh akan worm itu), Trojan (Mencuri data pada komputer yang telah terinfeksi), Backdoor, Spyware, Rogue (peniru program antivirus), Rootkit, Polymorphic virus (virus yang beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi), Metamorphic virus (mampu mengubah pengkodeannya sehingga lebih sulit dideteksi) dan Virus ponsel.

Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras. (dari berbagai sumber/ZA)