Motivasi Milenials, Ketum PPP Contohkan YouTube Sebagai Peluang Usaha

147
UIN Imam Bonjol
Gus Rommy wefie bersama kaum milenial di Sumatera Barat.

PPP.OR.ID, Padang – Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy memotivasi pemuda milenial saat mengunjungi Padang, Sumatera Barat, Kamis (18/10). Gus Rommy–sapaan akrabnya–mengajak kaum milenial memanfaatkan peluang menggunakan teknologi, agar sukses di usia muda. Terlebih, ia menilai orang Minang pada kenyataannya banyak menuai sukses.

“Bahkan salah satu endorser tersukses di dunia digital YouTube sendiri merupakan orang Minang, yaitu Gen Halilintar. Kini mereka mempunyai lebih dari 4 juta subscribers dan setiap videonya ditonton jutaan kali oleh netizen,” ujar Gus Rommy.

Pendapatan dari YouTube itu, lanjut Gus Rommy, tak bisa diremehkan. Apalagi yang sudah memiliki banyak subscribers (pengikut). Gus Rommy juga menyontohkan Grup musik Sabyan, yang pendapatannya bisa mencapai Rp 1 miliar dalam kurun waktu satu bulan saja melalui YouTube.

“Video Sabyan bahkan sampai ditonton hingga ratusan juta kali oleh netizen. Diantara yang terpopuler adalah ‘Ya Habibal Qolbi’ yang telah ditonton 245 juta kali, kemudian ‘Ya Maulana’ yang ditonton sebanyak 163 juta kali,” imbuhnya.

“Popularitas Sabyan ini juga yang mendongkrak tarif manggung mereka yang kini hampir mencapai Rp 100 juta untuk sekali tampil. Inilah harga sebuah popularitas,” sambung dia.

Lebih lanjut Gus Rommy menyampaikan beberapa perusahaan berbasis teknologi, khususnya teknologi informasi dan digital yang tengah mengalami peningkatan drastis, seperti Apple, Alphabet, Amazon, hingga Facebook.

“Mereka bisa mendobrak pengaruh perusahaan migas, seperti ExxonMobil, BP atau Shell yang sempat merajai beberapa dekade lalu,” tandasnya. (Sk)