KPU Jamin Hak Suara Pemilih yang Tak Terdaftar di DPT

"Misalnya Anda sudah terdaftar di Jawa Tengah, mau milih di Depok. Gampang tinggal pindah memilih dari TPS asal ke TPS tujuan, dapat A5

PPP.OR.ID-JAKARTA-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah, menegaskan pihaknya menjamin hak suara bagi para pemilih yang belum tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dijelaskan Ferry, para pemilih yang tidak berada di daerah asalnya atau sudah pindah ke daerah lain, begitu juga para perantau yang terdaftar di daerah asal, tidak harus pulang kampung jika ingin memilih.

"Misalnya Anda sudah terdaftar di Jawa Tengah, mau milih di Depok. Gampang tinggal pindah memilih dari TPS asal ke TPS tujuan, dapat A5. Di TPS asal, nama dia dicoret, di TPS tujuan dikasihkan. Itu masuk DPTb (daftar pemilih tetap tambahan)," kata Ferry di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (26/3).

Lebih lanjut, Ferry menerangkan, syarat untuk memilih jika tak terdaftar di DPT setempat, yaitu dengan menunjukkan KTP dan kartu keluarga. Pemilih juga harus menunjukkan surat pindah memilih (A5), serta mereka juga tidak terdaftar di DPK (daftar pemilih khusus), dan DPTb (daftar pemilih tambahan).

"Harus domisili yang bersangkutan. Misalnya saya, KTP di Kelurahan Menteng berarti ya harus sesuai kelurahan. Itu sebagai alat pembuktian, harus ada dong. Ada juga faktor, misalnya, saya sudah jadi mahasiswa Australia. Ada KTA, KTM, bisa dibuktikan," terangnya. (Skalanews/hairi)

 

Untuk menuliskan komentar silakan atau

0 Komentar

PPP Pusat, Jl. Diponegoro no 60 Jakarta, 10310 Indonesia

Scroll To Top
Close
Login dengan akun Web PPP

Apabila anda belum memiliki account silakan register disini

Belum Memiliki Akun ??

Bergabung menggunakan akun facebook atau twitter.

Close
Register account ppp.or.id
Belum Memiliki Akun ??

Bergabung menggunakan akun facebook atau twitter.