Peduli Masyarakat Desa, Cawagub Uu Inisiasi Program Gerbang Desa

    11

    PPP.OR.ID – Uu Ruzhanul Ulum menyatakan komitmen peduli desa sudah lama diterapkannya melalui program pemerintah daerah selama menjadi Bupati Tasilmalaya, dan hal itu jauh sebelum pemerintah pusat mencanangkan program serupa.

    Setelah ditetapkan menjadi Cawagub pasangan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar, Uu menamakan program yang digagasnya dengan ‘Gerbang Desa’ dan ingin menerapkannya pada skala yang lebih luas. Menurut Uu dalam Gerbang Desa hal yang dititikberatkan adalah persoalan pemerataan pembangunan.

    Uu mengungkapkan, setiap desa di Tasikmalaya mendapatkan alokasi dana pembangunan. Nilai yang digelontorkan ke desa untuk tahun ini saja hampir Rp 500 juta, ditambah dari pemerintah pusat. Program itu dilakukan sejak 2011.

    “Jadi keberpihakan kepada desa lebih dulu saya daripada pemerintah pusat. Ini akan kami bawa jikalau nanti Ridwan-Uu menang jadi Gubernur dan Wakil Gubernur,” katanya di Bandung, Senin (29/1/2018).

    Apabila dirinya terpilih, maka akan menggelontorkan dana untuk Kabupaten/Kota minimal 200 miliar per tahun, disesuaikan dengan jumlah desa dan kelurahan yang ada. Kepala daerah nantinya tak perlu memohon dan melayangkan proposal ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

    Uu menjelaskan, dalam praktiknya nanti uang tersebut akan digelontorkan secara penuh dengan petunjuk pelaksanaan dan teknisnya (juklak juknis) tanpa ada provosal. Uu hanya menitipkan soal posyandu dan usaha milik desa. (Ay)