Penemuan Hologram Terkecil di Dunia, Dekatkan Khayalan Jadi Kenyataan

142

PPP.OR.ID – Dewasa ini, belum banyak yang belum mengetahui teknologi hologram, apalagi menggunakannya. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram berfungsi sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.

Baru-baru ini ada yang telah berhasil menciptakan hologram terkecil di dunia. Mereka adalah peneliti Australia dan Tiongkok yang tergabung dalam tim ilmuwan  RMIT University di Melbourn. Hologram ini hanya berukuran 25 nanometer. Artinya 1000 kali lebih tipis dari rambut manusia.

Sebagaiman yang dilansir oleh CNET, Min Gu seorang professor RMIT University mengatakan “Nano-hologram terbuat dengan system penulisan laser yang sederhana dan cepat”

Meskipun memiliki ukuran yang terbilang sangat kecil, hologram ini masih bisa dilihat dengan mata tanpa menggunakan alat bantu apapun termasuk kacamata 3D.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuan RMIT University ini bertujuan menyusutkan pixel-pixel dalam hologram. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengembangkan lapisan film keras yang bisa diletakkan diatas layar LCD untuk menjalankan tampilan holografis 3D.

Hologram ini nantinya bisa dipasangkan dalam perangakat teknologi masa kini. Ini merpakan penemuan yang sanagat luar biasa. Bayangkan saja seperti dalam film-film Hollywood, layar smartphone atau tablet kita dapat memunculkan gambar hologram tiga dimensi. Khayalan dalam film-film fiksi ilmiah yang sering kita saksikan semakin dekat untuk diwujudkan.

Hologram terkecil didunia ini merupakan penemuan yang luar bisa, tetapi belum bisa dikatakan sempurna. Masih perlu pengembangan lagi sehingga teknologi ini bisa dimanfaatkan dan digunakan oleh masyarakat secara luas. (ZA)