Pengamat: Gus Yasin Akan Menangi Basis Pesantren

    54

    PPP.OR.ID – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 nanti adalah waktu yang dinanti, karena akan ada perwakilan dari kaum santri dan nasionalis yang menjadi satu, yaitu pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang dikenal sebagai pasangan Santri-Nasionalis.

    Taj Yasin Maemon atau yang lebih akrab disapa Gus yasin merupakan putra dari kyai kharismatik K.H. Maimoen Zubair pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang.

    Pasangan Cagub dan Cawagub Ganjar-Yasin lebih dikenal sebagai pasangan Santri-Nasionalis, karena masing-masing mewakili dari partai islam dan patai nasionalis.

    Sejalan dengan hal itu, banyak dari kalangan umum mengatakan bahwa Gus Yasin akan memenangkan Pilgub 2018 nanti, karena banyaknya dukungan dari berbagai pihak, kalangan umum ataupun santri.

    Selain itu, berbekal kharismatik Gus Yasin yang mengampu Ponpes Al-Anwar, secara otomatis seluruh alumni jebolan Sarang yang tersebar dan mendirikan berbagai Pondok Pesantren di seluruh Jawa Tengah akan berusaha memenangkan Gus yasin.

    Menanggapi fenomena semacam ini, Pengamat Politik dan Pemerintahan UIN Walisongo Semarang, Amin farih mengungkapkan bahwa Gus Yasin akan dengan mudah memenangkan basis suara santri pesantren.

    “Gus  Yasin mungkin menguasai santri yang berbasis pesantren, terutama alumni Sarang”, ujar Amin Farih kepada Jawa Pos Radar Semarang.

    Hal ini diungkapkan Amin, karena sosok Gus Yasin sendiri yang memiliki kharismatik. Selain itu, melalui pesantren yang menjadi basis utama dan Ponpes Al-Anwar memiliki banyak alumni yang tersebar di banyak daerah di Jawa Tengah. (Ch)