Perkembangan Perekonomian Syariah Bergantung Pada Peran Pesantren

71

PPP.OR.ID – Ekonomi syariah nampaknya tengah menemukan momentumnya untuk berkembang. Hal ini terlihat dari bermunculannya berbagai produk ekonomi syariah baik berupa bank samapi pada pariwisata halal. Msuknya investasi dari timur Tengah juga mempengaruhi berkembangnya system ekonomi syariah sekarang ini.

Melihat trend yang demikian menjadi sebuah hal yang positif tentunya bagi bangsa Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk muslim. Tentu jika dikelola dengan baik bisa dipastiakn perekonomian Negara akan maju. Pemberdayaan ekonomi di pesantren dan lembaga pendidikan Islam bisa menjadi sangat penting untuk lebih jauh mengembangkan ekonomi syariah.

Sebagaimana diutarakan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan, untuk dapat mengembangkan ekonomi syariah, semua aspek perekonomian harus diberdayakan. Dalam hal ini tentunya pesantren dan lembaga lainnya memiliki arti yang sangat penting.

Dilihat secara umum, selama ini bank sentral berupaya mengembangkan perekonomian mulai dari mikro hingga besar. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hingga besar yang sukses harus dapat direplikasi di tempat lain untuk membangun perekonomian yang lebih maju. Pesantren menjadi tumpuan dan harapan usaha-usaha tersebut dapat direplikasi

Selama ini memang telah ada pesantren yang berhasil mengembangkan bisnisnya. Seharusnya dengan banyaknya jenis usaha yang dikembangkan dipesantren ekonomi syariah dapat berkembang. Namun, kenyataannya tidak berbanding lurus karena mereka malah lebih memilih menggunakan pembiayaan mandiri atau self-financing, sehingga keuangan syariah tidak dapat membiayai bisnis mereka.

Tentu hal yang demikian kurang baik bagi perkembangan ekonomi syariah. Perlu ada sosialisasi dan edukasi yang intensif agar dapat membangun ekonomi syariah di basis pendidikan islam khusunya pesantren. Sebab, selama ini pertumbuhan ekonomi syariah yang masih mandek dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan sistem keuangan Islam. Dengan demikian kemajuan dan kebangkitan ekonomi syariah yang diharapkan benar-benar terwujud. (Dari beragai sumber/ ZA)