Pileg 2019: PPP Raup Berkah dari Pendukung Tradisional

380
PPP
Foto : Istimewa

PPP.OR.ID , Jakarta – Hasil survei terhadap partai berbasis massa Islam diprediksi kian terancam pada pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang. Meski demikian, Muhammad Arwani Thomafi selaku Wakil Ketua Umum PPP mengklaim, prediksi lembaga survei terkait suara PPP sekarang dinilai jauh lebih baik daripada setahun jelang pemilu 2014 lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun Litbang Kompas pada 2013 lalu, perolehan suara dari partai yang didirikan pada tahun 1973 itu mencapai 2,4 persen suara. Artinya, seandainya dibandingkan dengan survei yang digelar ARC sekarang, posisi partai hijau itu lebih baik 0,2 persen suara.

“Survei 1 tahun sebelum pemilu ini lebih bagus kok, jika dibanding 2013 lalu,” tegasnya.

Hal tersebut didukung oleh keberadaan pemilih tradisional. Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan bahwa, PPP memiliki berkah pemilih tradisional yang kuat di Indonesia. Dengan begitu, party id alias pemilih loyal nantinya dapat lebih dimaksimalkan.

Menurutnya, PPP juga harus memprioritaskan pileg demi program yang ingin dicapai tahun depan. Disamping itu, PPP yang memang intens menggarap pemilih baru khususnya pemilih pemula (milenial), semakin menunjukkan hasil yang signifikan. Terbukti, kini para caleg yang tersebar di daerah mulai diikuti oleh pemuda-pemuda dengan mengusung kerja keras, cerdas dan ikhlas, serta semangat tinggi persatuan pembangunan. (Sk)