Politisi PPP Kasriyah Minta Mentan Tetapkan Beras Krayan Sebagai Icon Lokal Kalimantan

71

PPP.OR.ID – Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI, Kasriyah meminta Menteri Pertanian Amran Sulaiman agar menjadikan beras krayan sebagai icon bagi masyarakat Kalimantan. Hal ini disampaikan Kasriyah dalam Rapat Kerja dengan Kementerian Pertanian di Lingkungan Komisi IV DPR RI (12/6).

“Kami berharap agar pemerintah dapat menjadikan beras krayan sebagai icon daerah Kalimantan, sebab beras ini hanya dapat ditemukan dan dibudidayakan oleh masyarakat Kaltara, dan sudah di ekspor ke Malaysia”, katanya.

Lebih lanjut Kasriyah menjelaskan, produksi hasil pertanian Kecamatan Krayan tak hanya dikenal masyarakat lokal saja, namun hasil pertanian warga perbatasan Indonesi-Serawak ini juga terkenal hingga ke mancanegara.

Beras krayan merupakan salah satu beras dengan kualitas terbaik diantara varietas padi lokal ini telah diperkenalkan ke India. Selain itu beras krayan telah mendapatkan penghargaan dari Korea karena budaya, adat istiadat, dan kearifan lokalnya yang unik.

“Cara bercocok tanam juga berbeda sehingga hasilnya juga berbeda, ini sudah dilakukan nenek moyang kami,” jelas Kasriyah.

Cara bercocok tanamnya yaitu dengan menggunakan sistem garapan setiap keluarga menggarap mulai 1 hingga 5 hektar (Ha) sawah dengan proses budidaya yang memerlukan kerja yang intensif. Menggunakan air yang bersih dan segar yang dialirkan dari pipa bambu ke sawah.

Politisi asal Kalimantan Timur ini berharap dengan pengembangan kearifan lokal oleh pemerintah dapat memicu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan.

“Dengan menjaga kearifan lokal dari warisan leluhur, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah perbatasan”, tutupnya. (PPP.OR.ID/TN)