PPP: IMF-World Ajang Pembahasan dan Penanganan Isu Global

138
Romahurmuziy Bicara Tantangan Ekonomi
Dok. Foto : Istimewa

PPP.OR.ID – International Monetary Fund (IMF) World Bank merupakan momen bersejarah bagi koordinasi dan pembahasan kebijakan ekonomi keuangan dunia. Pada tahun 2018 Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah rapat tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua Bali 8-14 Oktober. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy mengungkapkan bahwa, hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia.

“Diamanahi sebagai tuan rumah penyelenggara acara tahunan merupakan suatu kebanggaan, untuk berperan aktif dalam membahas isu ekonomi global, serta mempererat kerjasama pembangunan antarnegara,” ujar Gus Rommy, sapaan akrab pria yang pernah menjabat sebagai Anggota Badan Anggaran DPR ini.

Gus Rommy juga menekankan, selain diikuti oleh Menteri Keuangan, Gubernur Bank Sentral dan para pemimpin dunia, acara ini juga diikuti oleh berbagai CSO atau LSM yang menyampaikan isu-isu global. “Jadi tidak benar bahwa acara IMF-World Bank tidak melibatkan kepentingan masyarakat sipil,” tegasnya.

Gus Rommy melanjutkan bahwa, salah satu topik yang akan dibahas adalah pembangunan inklusif bagi kesejahteraan penduduk khususnya di negara berkembang. Indonesia dapat memberikan contoh bagi banyak negara berkembang lainnya, karena pemerintah berhasil menurunkan kemiskinan hingga single digit untuk pertama kalinya dalam sejarah. Hal ini sempat disanjung oleh Direktur IMF, Christine Lagarde, bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang sukses memberikan pemerataan ekonomi bagi kaum duafa.

Tak kurang dari 189 negara di dunia turut hadir pada pertemuan ini. Dalam Paralel Event tanggal 9 sampai dengan 12 Oktober juga akan diselenggarakan CSO Forum. (Sk)