PPP Akomodasi Kearifan Lokal Untuk Capai Target di Papua

121
PPP
Foto : Istimewa

PPP.OR.ID , Jakarta – PPP melihat bahwa Papua mempunyai keunikan tersendiri, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus. Sekretaris DPW PPP Papua, Abdul Rohim mengatakan, jarak antardistrik yang berjauhan, dan terbatasnya fasilitas teknologi informasi, hingga karakter warga yang unik menjadikan Papua sangat istimewa.

“Kami harus bisa menyiasati terbatasnya teknologi informasi, serta jarak antar distrik yang berjauhan. Di Papua, perjalanan dari satu distrik ke distrik yang lain membutuhkan angkutan udara,” ujar Abdul Rohim, Kamis (25/10/2018).

Rohim menyebut, tantangan tersebut tidak membuat PPP pesimistis. Ia memiliki sejumlah strategi agar tantangan tersebut tidak menjadi penghalang. Selain itu, target kenaikan suara serta kursi untuk PPP bisa terwujud.

“Kami membuat kebijakan, bahwa caleg harus berasal dari dapil mereka. Sehingga ongkos perjalanan bisa ditekan. Caleg yang ada di satu dapil diusahakan berasal dari setiap daerah yang ada di dapil tersebut,” ungkap Rohim.

Pada Pemilu 2019, PPP Papua menargetkan perolehan minimal 3 kursi untuk DPRD Provinsi Papua. Sedangkan untuk DPR RI, PPP menargetkan bisa memperolah satu kursi dari Papua.

“Untuk mencapai target ini, kami harus bisa menarik jumlah pemilih yang lebih banyak dari sebelumnya. Salah satu caranya adalah dengan mengakomodir kearifan lokal yang ada di Papua,” jelas Rohim.

Walaupun PPP merupakan partai Islam, caleg DPRD di Papua juga mengakomodasi kelompok nonmuslim. Para pengurusnya juga mencerminkan keberagaman suku dan agama di Papua.

“Dengan semangat para caleg yang saat ini sangat besar untuk memperoleh suara yang jauh lebih banyak, kami yakin PPP bisa memperoleh tambahan kursi pada Pemilu 2019 mendatang,” tandas Rohim. (Sk)