PPP: Banyak Situs Dadakan yang Diciptakan untuk Kebohongan

109
PPP
Dok. PPP

PPP.OR.ID , Jakarta – Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy menyebut kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno seperti tidak pernah berhenti memproduksi hoaks. Setelah membuat satu hoaks, mereka akan membuat hoaks yang baru.

“Percayalah, ini adalah strategi lawan, sebab mereka hanya cuma bisa membangun isu. Kekuatan mereka di ‘darat’ jauh berkurang dibanding tahun 2014 lalu,” kata Gus Rommy di Kantor DPP PPP Jakarta Pusat, Minggu (6/1/2019).

Gus Rommy mencontohkan setelah memproduksi berita bahwa Ratna Sarumpaet dipukul dan terbukti itu hoaks, mereka kembali membuat hoaks lainnya. Terakhir salah satu hoaks yang mereka buat adalah adanya 70 juta surat suara yang sudah tercoblos. Setelah diketahui bahwa berita itu merupakan palsu, mereka dengan mudah mencari topik lain tanpa harus menyesal telah membuat hoaks.

“Mereka terus menerus membuat hoaks dan diberitakan berulang kali. Mereka juga menggunakan banyak situs dadakan untuk menyebar kebohongan,” ujar Gus Rommy.

Makanya, Gus Rommy meminta masyarakat Indonesia untuk bisa menyeleksi berita yang beredar. Masyarakat diminta tidak mudah percaya kepada berita yang dibuat oleh situs yang sebelumnya tidak pernah dikenal, apalagi mempunyai nama yang aneh. Sebab besar kemungkinan situs-situs dadakan yang tak dikelola profesional itu sengaja dibuat untuk menampung kebohongan.

“Jangan mudah terpancing untuk membagikan berita-berita dari situs yang tidak jelas dan isinya penuh provokatif dan fitnah,” pungkasnya. (Sk)