PPP Bicara Soal Isu Hoaks Serang Jokowi dan Kepercayaan Publik

102
PPP
Dok. PPP

PPP.OR.ID, Jakarta – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy menyoroti isu hoaks yang terus menyerang Presiden Joko Widodo. Menurutnya masyarakat saat ini mudah terpengaruh oleh kabar tidak benar bahkan sejak saat pertama kali kabar itu beredar.

“Secara psikis ada first impressions effect. Itu ada yang lebih percaya saat pertama disampaikan ketimbang ralatnya. Meskipun Pak Jokowi meralatnya, hoaks dan fitnah yang sudah disampaikan,” ujar Gus Rommy di Ecovantion, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (28/2).

Menurutnya, klarifikasi yang dibuat Jokowi memberikan pengaruh kepada masyarakat. Namun, ada juga yang tetap tidak percaya dengan klarifikasi yang telah diberikan dan tetap percaya hoaks.

“Dari pengalaman saya, melihat video Pak Jokowi memberikan penjelasan, sangat berpengaruh. Beliau menyampaikan klarifikasi lebih mengutamakan berjabat tangan. Masyarakat yang mendengarkan itu justru anti, saya bisa merasakan apakah dia tulus mendukung atau anti,” katanya.

Ia juga meminta agar polisi bertindak tegas kepada semua penyebar hoaks, baik dari pendukung capres nomor urut 01 maupun pendukung capres nomor urut 02.

“Dari paslon 01 kalau ada yang melakukan hoaks silakan saja. Kami tidak dalam posisi menghalang-halangi proses hukum. Silakan saja,” tutup Gus Rommy. (*)