PPP Minta Pemerintah Pertimbangkan Banyak Hal Sebelum Impor Produk Pertanian

27
PPP
Foto : Istimewa

PPP.OR.ID , Jakarta –  Dalam urusan impor produk pertanian, pemerintah perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan. Salah satunya terkait impor jagung yang saat ini banyak dibicarakan. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Kasriyah.

Menurutnya, perhatian terbesar pemerintah harus diberikan kepada petani. Jangan sampai, katanya, impor membuat harga jagung di petani jatuh dan membuat mereka merugi. Pemerintah perlu secara matang menghitung stok jagung yang mampu disiapkan oleh petani, dan jumlah permintaan dari pasar sebelum memutuskan impor. Sehingga pasokan impor benar-benar sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Pada dasarnya, Kasriyah yang merupakan Legislator asal Kalimantan Timur ini berharap pemerintah tidak melakukan impor jagung. Namun jika memang keputusan itu sudah dilakukan, tidak boleh merugikan para petani. Suatu saat Indonesia biasa swasembada semua produk pertanian, khususnya yang banyak dibutuhkan masyarakat.

Untuk mencapai target ini, perlu ada strategi baik yang terintegratif, misalnya kebijakan terkait pupuk dan bibit, bantuan mesin pertanian, hingga kebijakan pasca panen, khususnya yang terkait harga hasil pertanian. Dengan jumlah pertanian yang luas dan tanah yang subur hasil pertanian, Kasriyah yakin Indonesia tidak kalah dengan Thailand atau negara-negara lainnya. (sk)