PPP Minta Pemerintah Tingkatkan Efektifitas Dana Desa

314
PPP
Foto : Istimewa

PPP.OR.ID , Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Tamam Achda meminta pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meningkatkan efektifitas dana desa.

“Program dan penggunaan dana desa cukup baik dalam meningkatkan perekonomian di daerah, tapi sepertinya perlu diperbaiki lagi,” ungkap Tamam Achda, Jumat (8/2/2019).

Selama ini, lanjut Taman, dana desa yang diberikan oleh pemerintah pusat ke daerah masih dipakai untuk pembangunan infrastruktur dan membiayai pendamping desa.

“Jika dana desa yang jumlahnya 1 miliar dipakai untuk membiayai infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi dan lainnya, maka akan habis tak tersisa. Sementara untuk program-program pemberdayaan masyarakat tidak tersentuh sama sekali,” terangnya.

“Kedepan, pemerintah harus jeli dan fokus pada pembangunan sumber daya manusia. Jika dana desa dipakai untuk pemberdayaan manusia maka perekonomian akan tumbuh pesat. Sehingga target pemerintah agar kenaikan perekonomian mencapai 7 persen tercapai,” imbuh Tamam meyakinkan.

Menurut Tamam, sekarang pertumbuhan ekonomi Indonesia jalan di tempat. Dari tahun 2014 hingga 2019, pertumbuhan ekonomi berada di angka 5 persen, karena ekonomi rakyat yang berada di desa-desa tidak digerakan.

“Supaya tidak salah langkah lagi, maka dana desa yang disebar ke seluruh pelosok tanah air harus dialihkan untuk membangun perekonomian,” tandasnya. (sk)