PPP Peduli: Cegah Deman Berdarah dengan Mengaktifkan Fungsi Jumantik

203
PPP
Foto : Istimewa

PPP.OR.ID , Jakarta – Puluhan ribu penduduk Indonesia dari berbagi daerah menderita penyakit demam berdarah (DBD), bahkan yang lebih menyedihkan lagi penyakit ini bisa mempertemukan tuannya dengan sang ajal. Maka tak heran bila beberapa daerah menjadikannya sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ermalena menyebut, penyakit demam berdarah memang sering datang mengiringi musim hujan. Ermalena meminta warga untuk mewaspadai hal ini, mengingat banyaknya air tergenang yang tak terdeteksi, membuat banyak jentik nyamuk berkembang.

Ermalena meminta pihak yang terkait untuk melakukan fogging, agar bisa memberantas dan memusnahkan nyamuk yang berada di daerah permukiman penduduk. Lebih baik mencegah daripada mengobati, begitu jargon yang kembali ia gaungkan menyikapi kasus DBD ini.

Sebagai Wakil Ketua Komisi IX, Ermalena juga meminta agar dinas kesehatan dan sejumlah layanan kesehatan untuk mengaktifkan fungsi Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Mereka perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara mencegah dan penanggulangan penyakit tersebut. Semua pihak, menurutnya harus waspada terhadap penyakit musiman ini.

Sementara itu, terkait sudah banyaknya masyarakat yang menderita DBD, ia meminta fasilitas kesehatan harus siap menerima dan memberikan layanan kepada pasien. Selanjutnya, lakukan penanganan pasien dengan cepat agar tidak sampai ada korban jiwa akibat penyakit ini, demikian Ermalena. (sk)