PPP Realistis Soal Wacana Peningkatan Gaji Guru

151
PPP
Foto : Istimewa

http://PPP.OR.ID , Jakarta – Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani mengaku mendukung wacana timses paslon nomor urut 02 untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Akan tetapi, dikatakan Arsul, angka peningkatan gaji yang dijanjikan oleh kubu oposisi dinilai tidak realistis.

Diketahui, timses Prabowo-Sandiaga tengah melakukan terobosan menarik soal peningkatan gaji guru di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, mereka menargetkan gaji seorang guru di tanah air setidaknya berkisar Rp 20 juta. Hal itu demi perbaikan kualitas pendidikan bangsa.

“Bukan kita tidak setuju, tetapi kan harus bersikap realistis. Jangan hanya kemudian melakukan lontaran ide dan usulan yang sifatnya bombastis yang tidak berpijak pada realitas fiskalnya,” cetus Arsul di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (21/11).

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf itu juga menilai, kebijakan peningkatan gaji guru akan berdampak besar pada profesi lainya. Kalau gaji profesi guru ditingkatkan, maka akan menimbulkan ‘kecemburuan’ dari profesi lainnya. Pasalnya, setiap profesi memiliki andil penting untuk negara.

“Akan seperti apa tenaga kesehatan? Kan mereka juga punya peran, kemudian ini kan berbicara dengan guru negeri, bagaimana dengan guru swasta? Itu kan sesuatu yang harus dihitung,” pungkasnya. (Sk)