Real Count KPU, Ganjar-Taj Yasin Menang di Pilkada Jawa Tengah

    36

    PPP.OR.ID – Pasangan calon gubernur Jawa Tengah nomor urut 1 Ganjar Pranowo dan Taj Yasin unggul dalam real count Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Jawa Tengah, atas kompetitornya nomorot urut 2 Sudirman Said dan Ida Fauziyah.

    Komisioner KPU Jawa Tengah Muslim Aisha menerangkan, dari data masuk 88,68 persen, Ganjar Yasin unggul 59,32 persen. Sementara lawannya Sudirman-Ida mendapat 40,68 persen.

    Dari data tersebut, pasangan Ganjar Yasin dipilih sebanyak 9.262.644 orang. Sementara Sudirman-Ida dipilih sebanyak 6.352.985 orang. KPU sendiri masih melakukan perhitungan hingga siang nanti.

    Direncakanan siang nanti real count akan selesai dilakukan. Pada Rabu (27/6/2018) lalu, hitungan real count terganggu karena ada kendala jaringan internet. Namun yang hendak mengakses real count dapat juga mengakses situs infopemilu. kpu.go.id.

    Sementara itu, hingga saat ini rekapitulasi surat suara saat ini masih di tingkat kelurahan, kemudian direkap di tingkat kecamatan, lalu kabupaten hingga tingkat provinsi. Baca juga: Imbas OTT KPK, Ganjar-Taj Yasin Tumbang di Purbalingga Rekapitulasi surat suara di KPU Jawa Tengah akan dilakukan pada 7 Juli 2018 mendatang. Quick count Sementara itu, berdasarkan quick count dari Litbang Kompas, dari data 100 masuk, suara pasangan Sudirman Ida meraup suara 41,66 persen, sementara Ganjar-Yasin mendapat 58,34 persen.

    Quick count diambil dengan 400 sampel TPS dengan metode stratified sistematic sampling yang tersebar di seluruh daerah. Quick count dari SMRC, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin mendapat 58,58 persen, sementara Sudirman Said-Ida Fauziyah mendapat 41,42 persen. Sampel responden diambil dari 300 pemilih yang datang ke 300 TPS di Jawa Tengah dengan metode statified cluster random sampling. (Oky)