Ribuan Warga Turun ke Sawah Tangkap Dua Ton Ikan Gratis

49

PPP.OR.ID – PALABUHANRATU – Acara Pesta Rakyat ‘Ngubek Lauk’ di sawah milik aset Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terbilang sukses, bahkan menyita perhatian masyarakat luas, tak kecuali wisatawan.

Pesta Rakyat ‘Ngubek Lauk’ tahun ke-4 tingkat kabupaten ini tampak terasa kemeriahannya dibanding tahun sebelumnya. Selain pejabat negara, jumlah peserta yang ikut acara tersebut lebih dari 4 ribu orang berasal dari berbagai penjuru Kabupaten Sukabumi.

Sedangkan para pejabat negara yang hadir di antaranya Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esti Reko Astuti, serta Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Reni Marlinawati.

“Setiap tahun penyelenggaraannya selalu meriah, ini bisa dikatakan sebagai potensi wisata baru di Sukabumi. Saya salut kepada Desa Karangpapak, karena konsisten ingin memajukan potensi wisata daerah. Makanya hari ini saya ajak deputi untuk melihat langsung potensi wisata baru di Karangpapak yang sangat luar biasa,” ucap Ketua Fraksi PPP DPR RI ini.

Reni menekankan perlu adanya pemberdayaan sumber daya manusia di objek wisata secara komprehensif mulai dari sekarang. Mengingat potensi wisata Kabupaten Sukabumi sudah mulai digali untuk dipamerkan, salah satunya acara tahunan ‘Ngubek Lauk’.

Pemberdayaannya bisa melalui bimbingan teknis dan lainnya. Acara ‘Ngubek Lauk’ akan saya bawa ke pusat untuk dipromosikan. Termasuk mendorong pemerintah agar tahun depan acara ini mendapat support anggaran,” bebernya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esti Reko Astuti, mengaku terpesona melihat keunikan acara tahunan tersebut, yang belum tentu dimiliki daerah lain. Menurut dia, potensi wisata Kabupaten Sukabumi saat ini semakin beragam, apalagi dengan kehadiran ‘Ngubek Lauk’ ini.

Dirinya meminta tahun depan agar Kang Baskom menyediakan satu kotak sawah khusus untuk wisatawan mancanegara. Sehingga nantinya Desa Karangpapak akan menyandang titel sebagai desa wisata.

“Tahun depan harus ada sawah khusus bagi wisman. Saya yakin akan banyak wisman yang berkunjung ke acara itu. Acara ‘Ngubek Lauk’ bisa juga sebagai objek wisata minat khusus,” cetusnya.

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, berharap potensi ini dapat memperkuat ikon wisata Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Untuk menambah daya tarik wisata, dia berencana akan menyelenggarakan berbagai kegiatan di setiap objek wisata. Tujuannya, kata dia, supaya wisatawan bisa menikmati beragam hiburan yang telah disediakan di tempat wisata.

“Acara ‘Ngubek Lauk’ bisa menjadi aset pariwisata kita sekaligus penopang Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Semoga tahun depan lebih meriah lagi,” pungkasnya. (MB.COM/TN)