Road to Hari Santri Nasional, Ketum PPP Bacakan Puisi di Malam Kebudayaan Pesantren

214
Foto : Istimewa
Dok. Sahabat Romahurmuziy

PPP.OR.ID , Yogyakarta – Ketua Umum PPP, M. Romahurmuziy menghadiri acara Malam Kebudayaan Pesantren di Panggung Krapyak Yogyakarta. Dalam acara yang merupakan bagian dari Road to Hari Santri ini, Gus Rommy akan membacakan dua puisi tentang karakter santri dan perjuangannya.

Tidak hanya membacakan puisi sendiri, dalam acara itu ia juga membaca puisi bersama tokoh lainnya seperti Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dan Inaya Wahid, serta Habiburrahman El Shirazy.

“Indonesia ini memiliki Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Ini merupakan pengakuan negara terhadap eksistensi dan peran santri bagi bangsa ini,” kata Gus Rommy, Rabu (10/10/2018).

Dalam puisi tersebut, Gus Rommy menyebut diantaranya berisi tentang keseharian para santri di pesantren mereka. Mulai dari cara berpakain, beribadah hingga cita-cita mereka untuk ikut memberikan arti bagi bangsa Indonesia.

Malam Kebudayaan Pesantren ini menurut Gus Rommy juga menunjukkan bahwa, selama ini pesantren dan santri dekat dengan kesenian. Diantaranya adalah seni puisi, dimana banyak karya santri yang diakui oleh masyarakat.

“Pesantren merupakan model pendidikan Islam asli Indonesia. Di dalamnya ada budaya belajar dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain itu, banyak kegiatan budaya dan seni yang dilakukan santri di pesantren,” terang putra dari almarhum KH Tolchah Mansoer ini. (Sk)