Sejarah yang Tersimpan di Museum Topkapi

186

Istana Topkapi dibangun tahun 1470, pada masa Sultan Mehmet dari Dinasti Usmaniyah, terletak dipinggir Selat Boshporus. Pada 1924, istana ini diubah fungsi menjadi museum atas permintaan Mustafa Kemal Pasha.

Koleksi paling penting dan bersejarah dalam Islam disimpan dalam ruang bernama Pavilion of Holy Mantle dan Holy Relics. Tempat yang dulunya kamar sultan ini berisi sejumlah barang peninggalan para Nabi serta sahabatnya.

Barang-barang peninggalan tersebut diantaranya Kunci-kunci Ka’bah,  talang emas, kiswah, pembungkus hajar aswad, pedang Khalid al-Walid, pakaian Fatimah az-Zahrah. Bahkan Museum Topkapi juga menyimpan serban Nabi Yusuf AS.

Barang-barang peninggalan yang paling penting yakni berupa jubah atau mantel Nabi Muhammad SAW. Jubah ini dulunya dijaga Dinasti Abbasiyah di Mesir. Namun menyusul penaklukan oleh Usmaniyah tahun 1517, barang ini dibawa ke Istanbul. Helai janggut Nabi Muhammad dan relik yang di dalamnya ada patahan gigi Rasulullah saat Perang Uhud juga tersimpan di Topkapi. Selain itu ada cetakan tapak kaki Nabi Muhammad, surat-surat, panah dan pedang yang konon milik Rasulullah SAW. (dari berbagai sumber/TRAN)