Tanggapi Kasus Ratna, Gus Rommy Pesan Jangan Mudah Larut dalam Kebencian

89
Foto pribadi.

Publik Indonesia sempat ramai 2 hari terakhir ini membincang kasus Ratna Sarumpaet yang sebelumnya mengaku mengalami pemukulan, dan akhirnya Ratna kemarin mengklarifikasi bahwa kabar kasus pemukulan dirinya merupakan cerita bohong yang dia karang sendiri.

Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy atau Gus Rommy turut menanggapi berita viral tentang Ratna Sarumpaet dipukul orang yang terbukti berita palsu. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa betapa mudahnya informasi hoax ditelan masyarakat.

Berita palsu ini viral karena banyak tokoh politik dan public figure yang juga awalnya simpatik, dan menyatakan keprihatinan bahwa Ratna yang dikenal sebagai tokoh yang lantang dalam mengkritik pemerintah mengalami kasus penganiayaan.

Gus Rommy menyebut bahkan para penyebar informasi hoax itu mengerahkan semua upaya untuk menyebarkan informasi tersebut agar bisa mendapatkan simpati masyarakat. Semua cara dan jurus dilakukan, agar semua tampak begitu dramatis.

“Begitu nyata terlihat sekelas para petinggi oposisi, bahkan pimpinan lembaga negara, begitu bernafsu memviralkan info yang ternyata palsu tersebut,” ujar Gus Rommy.

Menurut Gus Rommy, kasus Ratna bisa menjadi pelajaran bagi rekan-rekan oposisi supaya tidak mudah larut dalam nuansa kebencian membabi buta, sehingga kebencian tertutup amarah.