Teknologi Berkembang Pesat, Mobil Bertenaga Surya Berhasil Diciptakan

257

PPP.OR.ID – Teknologi semakin berkembang begitu pesat dan telah banyak membantu kehidupan manusia. Semua saling berlomba menjadi yang terdepan dalam pengembangan teknologi. Semangat mengembangkan teknologi ramah lingkungan telah membawa Solar Team Eindhoven di Belanda menciptakan mobil bertenaga surya.

Baru-baru ini Solar Team Eindhoven tim dari Eindhoven University of Technology telah meluncurkan mobil bertenaga surya dengan nama Stella Vie.

Berkat mobil itu, mereka berhasil membawa tim dari Eindhoven University of Technology memenangi dua penghargaan Cruiser Class dalam ajang bergengsi Bigeston World Solar Challenge. Mereka juga menargetkan akan memenagi penghargaan serupa untuk ketiga kalinya pada bulan  Oktober nanti.

Memiliki lima tempat duduk dan dilengkapi dengan atap panel surya berbentuk lengkungan untuk pertamakalinya. Pemilihan pembuatan atap dengan bentuk lengkung ini untuk mengoptimalakan aerodinamika. Berat mobil ini hanya 375 kilogram dengan lebarnya 1,65 meter dan panjangnya 5 meter, lebih pendek dari model mobil Stella Lux yang mereka ciptakan sebelumnya.

Mobil Stella Vie ini diperkirakan bisa menempuh 130 kilometer per jam. Pada musim panas yang cerah di Belanda, Stella Vie bisa menempuh jarak 650 mil atau 1046,07 kilometer dengan hanya menghabiskan baterai yang sangat kecil, yaitu sekitar 12 kWh saja.

Mobil ini juga sudah dilengkapi negan fitur sistem navigasi parkir yang mempu melacak posisi matahari. Juga mampu memprediksi rute terpendek dan efisien serta bisa memperkirakan cuaca. Setiap energi surplus yang dihasilkan oleh kendaraan dapat dipasok kembali ke rumah atau jaringan listrik.

Dengan fitur dan berbagai kelebihan itu, mobil ini diproyeksikan mampu menjadi solusi atas industri otomotif masa depan. Tak bisa dipungkiri induri otomotif nanti akan mengedepan teknologi ramah lingkungan dan hemat energy mengingat semnagt dunia mengarah pada dua hal itu. Selain itu, mobil dengan kapasitas lima orang sangat relevan untuk dikembangkan menjadi mobil keluarga. (Dari berbagai sumber/ ZA)