Terkait Kasus Ahmad Hidayat Mus, PPP Pegang Asas Praduga Tak Bersalah

    113

    PPP.OR.ID – Calon Gubernur Maluku Utara yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ahmad Hidayat Mus, diketahui ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arsul Sani mengungkapakan, pihaknya tetap menghormati kewenangan KPK dalam melakukan proses hukum tersebut.

    “Namun, kita semua harus berpegang pada asas praduga tak bersalah, serta tetap menghormati ketentuan UU Pilkada yang tidak membuat Cakada (Calon Kepala Daerah) yang bersangkutan menjadi gugur,” ujar Arsul Sani, Jumat (16/3/2018).

    Selain itu, Anggota Komisi III tersebut juga melanjutkan, pihaknya akan menghormati proses hukum yang dilakukan KPK atas penetapan tersangka Ahmad.

    “PPP akan mengikuti saja proses selanjutnya, karena memang tidak dimungkinkan mekanisme penggantian Cakada dalam UU Pilkada,” jelas beliau.

    Namun, berkaitan dengan bantuan hukum terhadap Ahmad, PPP menyerahkan sepenuhnya kepada Partai Golkar.

    “Pak AHM adalah tokoh Partai Golkar. Tentu nanti kami bertanya dulu kepada Partai Golkar dan beliau (Ahmad),” pungkas Arsul Sani. (Ch)