Upaya Sunan Ampel Menyebarluaskan Islam

    253

    PPP.OR.ID – Sunan Ampel adalah tokoh wali Songo tertua yang menyebarluaskan Islam di Nusantara. Dalam berdakwah Sunan Ampel memiliki prinsip dakwah maw’izhatul hasanah wa mujadalah billati hiya ahsan. Sama halnya dengan wali songo lain, sunan Ampel juga mengakulturasikan budaya Jawa dengan ajaran Islam. Pengakulturasian budaya tersebut bertujuan agar masyarakat mudah menerima keberadaan Islam, serta dengan perlahan budaya yang berbau tahayul sedikit demi sedikit dapat memudar keberadaanya.

    Upaya lain yang dilakukan Sunan Ampel dalam menyebarkan Islam yakni dengan membuat jaringan kekerabatan, jaringan kekerabatan tersebut dibuat dengan menikahkan juru dakwah Islam dengan putri-putri penguasa bawahan Majapahit. Sunan Ampel sendiri menikahi putri Arya Teja, yang merupakan seorang bupati Tuban. Putri Arya Teja juga merupakan cucu Arya Lembu Sura yang merupakan raja Surabaya. Hingga pada akhirnya Sunan Ampel atau Raden Rahmat menjadi bupati di Surabaya. Tersematnya gelar bupati pada Sunan Ampel membuat sosok yang juga pemilik nama Raden Rahmat ini lebih mudah dalam mensyiarkan Islam.

    Hal ini merupakan salah satu bukti jika agama dan politik bagaikan saudara kembar. Kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemangku kepentingan akan dipatuhi oleh masyarakatnya. Sunan Ampel inilah yang juga mendidik salah satu santrinya yakni Sunan Giri yang akhirnya dinikahkan dengan putrinya bernama Mas Murtosiyah. (sumber : atlas wali songo/tran)