Uu Representasi Riil Kota-Desa di Pilkada Jabar

    55

    PPP.OR.ID – Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memilih Uu Ruzhanul Ulum yang merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai Calon Wakil Gubernur dalam Pilkada 2018. Hal ini, terkait dengan beberapa pengalaman yang dimiliki oleh Uu sebagai Bupati Tasikmalaya.

    Diketahui, Uu menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya selama dua periode, yaitu periode 2011-2016 dan 2016-2021.

    “Kombinasi kota-desa yang riil, karena dua-duanya kepala daerah, bisa melengkapi untuk diyakini oleh pemilih,” ujar Emil, Sabtu (24/2/2018).

    Sementara itu, pada jabatan periode pertama, Uu memenangkan pilkada dengan perolehan suara tertinggi sebesar 32,3 persen, mengalahkan tiga pasangan calon lain dari partai dan empat pasangan calon dari independen. Pada periode kedua, ia menang secara aklamasi.

    Senada dengan hal itu, Uu sebagai putra daerah memiliki karier politik di Tasikmalaya yang cukup cemerlang. Sejak bergabung dengan PPP pada 1987, Uu menjabat posisi strategis. Beliau telah tiga kali menjabat sebagai anggota DPRD sejak 1999, bahkan Uu sempat menjadi Ketua DPRD Tasikmalaya saat kali kedua menjadi anggota DPRD.

    Saat menjadi bupati, Uu memperoleh sejumlah perhargaan. Di antaranya, penghargaan dalam pencapaian target perekaman e-KTP lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan, dan penghargaan dari Menteri Pertanian atas peran aktifnya dalam peningkatan pembangunan di bidang pertanian serta peningkatan produksi gabah pada 2014.

    Kini Uu siap berlaga di Pilgub Jabar 2018. Beliau berencana membawa program gerakan membangun desa (Gerbang Desa) untuk Jawa Barat.

    “Program gerbang desa akan dibawa ke Jabar, karena sejumlah kabupaten pembangunan belum merata. Uu ingin mengucurkan dana bantuan Rp 200 milyar per tahun bagi setiap Kabupaten dan Kota”, pungkas beliau. (Ch)