Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Akhlak Menentukan Kualitas Seorang Muslim

19 Mei 2017 - 17:54:43 | 709

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID, Banda Aceh - Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Australia, Ustadz Dr Teuku Chalidin Yacob mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) di Rumoh Aceh Kupi Luwak, Jeulingke, Rabu (17/5/2017) malam.

"Akhlak ini begitu penting kedudukannya dalam Islam yang beriringan dengan aqidah dan kualitas iman seorang muslim, bahkan kita dengan mudah bisa menilai keislaman seseorang hanya dengan akhlaknya, bukan ibadahnya," ujar Ustaz Chalidin Yacob sebagaimanan diberitakan GOACEH.

Tujuan utama Nabi Muhammad SAW diutus adalah untuk menyempurnakan akhlaq manusia. Artinya jika akhlaq seseorang buruk, maka dia bukanlah orang yang saleh meski terlihat rajin shalat, puasa, zakat, haji, dan bebagai ibadah lainnya.

Orang luar Islam itu tertarik pada Islam bukan karena kealiman orang Islam sendiri, juga bukan pandai berceramah menyampaikan Islam secara lisan, atau rajin beribadah. akhlak atau dakwah bil hal yang diperlihatkan dalam kehidupan sehari-hari yang menarik perhatian orang di luar Islam. Sehingga akhlak dan adab muslim terhadap sesamanya ini adalah menjadi penentu kemajuan dan kebangkitan Islam saat ini Australia dan juga di negara Eropa.

"Kita menilai seseorang itu baik atau tidak pada akhlaknya. Bukan ibadahnya. Kita tidak tahu shalat dan puasanya seorang muslim itu sah atau tidak, diterima atau tidak oleh Allah. Tapi kalau akhlak yang baik bisa kita tahu dan dapat kita lihat sehari-hari," ungkapnya.

Selama ini sering kita melihat seseorang muslim yang kelihatannya ibadahnya sangat rajin, namun kadang akhlaknya kurang. Padahal dalam Islam hubungan baik bukan cuma terhadap Allah, namun juga terhadap manusia.

Tantangan dakwah Islam sekarang ini adalah nilai-nilai akhlak dan keikhlasan yang berkurang. Dkwah adalah itu mengajak, tetu harus dengan cara-cara yang baik. Jika hal itu yang dilakukan pasti yang diajak berkenan mengikuti. Artinya dakwah yang dilakukan berhasil sebab senantiasa memegang akhlak. (ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV