Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Genosida Srebrenica

17 Mei 2017 - 19:31:03 | 432

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Pada tahun 1992, peperangan pecah antara Serbia dan Bosnia. Hal tersebut merupakan imbas dari runtuhnya Yugoslavia yang merambah ke Negara-negara tetangganya. Karena kekejaman dan pembersihan etnis yang dilakukan para tentara Serbia, umat Muslim Bosnia harus mengungsi ke kamp-kamp pengungsian. Srebrenica adalah salah satu kamp terbesar dan dinyatakan oleh PBB sebagai zona aman. Kamp itu sendiri dijaga oleh 400 penjaga perdamaian.

Pada tanggal 6 Juli 1995, pasukan Korps Drina dari tentara Serbia Bosnia mulai menggempur pos-pos tentara penjaga perdamaian di Srebrenica. Pada tanggal 11 Juli pasukan Serbia memasuki Srebrenica, dibawah pimpinan Jenderal Ratko Mladic. Pembantaian atau Genosida tersebut menewaskan sekitar 8300 etnis Muslim Bosnia. Selain Ratko Mladic nama yang turut menjadi dalang atas genosida tersebut yakni Radovan Karadzic.

Pembantaian tersebut dilakukan dengan cara memisahkan laki-laki dan perempuan Muslim. mereka digiring ke dalam truk untuk dibawa ke lokasi eksekusi. Setibanya  di lokasi pembantaian, dekat sungai Drina, korban berbaris tiap 4 orang sebelum ditembak mati.

Mayat-mayat korban kemudian dimakamkan secara massal, dengan proses kasar. Kuburan digali oleh para pelaku tak lama setelah perang dan kerap dilakukan pemindahan untuk menyembunyikan kejahatan tersebut. Selama proses itu, sisa-sisa tubuh yang telah rusak juga terpisah-pisah oleh penggunaan buldoser. Sehingga banyak potongan-potongan ditemukan di berbagai lokasi kuburan massal. (dari berbagai sumber/TRAN)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV