Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

GUSDURian, Komunitas Penerus Pemikiran Gus Dur

31 Juli 2018 - 16:13:48 | 34

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Sebagai mantan orang nomor satu di Indonesia, sosok Gus Dur nyatanya tak hanya banyak menuai kontra di kalangan masyarakat. Namun juga banyak hal-hal positif yang dapat dipetik dari sosok ulama yang satu ini. Salah satunya ialah ketertarikan anak muda untuk meneladani pemikiran sang tokoh.

Gusdurian adalah sebutan untuk para murid, pengagum, dan penerus pemikiran dan perjuangan Gus Dur. Para Gusdurian sendiri mendalami pemikiran Gus Dur, meneladani karakter dan prinsip nilainya, dan berupaya untuk meneruskan perjuangan yang telah dirintis dan dikembangkan oleh Gus Dur sesuai dengan konteks tantangan zaman.

Jaringan gusdurian juga merupakan arena sinergi bagi para gusdurian di ruang kultural dan non politik praktis. Di dalam jaringan gusdurian ini tergabung individu, komunitas atau forum lokal, dan organisasi yang merasa terinspirasi oleh teladan nilai, pemikiran, dan perjuangan Gus Dur. Karena bersifat jejaring kerja, tidak diperlukan keanggotaan formal Jaringan gusdurian memfokuskan sinergi kerja non politik praktis pada dimensi-dimensi yang telah ditekuni Gus Dur, meliputi 4 dimensi besar: Islam dan Keimanan, Kultural, Negara, dan Kemanusiaan

Lalu, apa sebenarnya misi dari jaringan Gusdurian ini? Adalah nilai, pemikiran, perjuangan GusDur tetap hidup dan mengawal pergerakan kebangsaan Indonesia;  melalui sinergi karya para pengikutnya, dilandasi 9 Nilai Gus Dur: Ketauhidan, Kemanusiaan, Keadilan, Kesetaraan, Pembebasan, Persaudaraan, serta Kesederhanaan, Sikap Ksatria, dan Kearifan Tradisi. Sebagaimana Gus Dur yang mendasarkan perjuangannya kepada nilai-nilai luhur, jaringan gusdurian juga tidak membatasi isu yang dikelola, sepanjang terkait dengan sembilan nilai Gus Dur.  Untuk tahu apa itu sembilan nilai Gus Dur, Anda bisa mengunjungi laman website komunitas Gusdurian tersebut yang menjadi sumber artikel ini, di gusdurian.net.id.

Jaringan Gusdurian juga tidak terikat tempat, karena para gusdurian alias anak-anak ideologis Gus Dur tersebar di berbagai penjuru Indonesia, bahkan di manca negara. Di beberapa tempat, terbentuk komunitas-komunitas lokal, namun sebagian besar terhubung melalui forum dan dialog karya. Munculnya komunitas gusdurian lokal banyak dimotori oleh gusdurian generasi muda (angkatan 2000an), yang bersemangat untuk berkumpul mendalami dan mengambil inspirasi dari teladan Gus Dur. Setidaknya sekitar 60an komunitas gusdurian lokal telah dirintis sampai akhir tahun 2012.

Untuk merangkai kerja bersama dalam arena Jaringan Gusdurian, dibentuklah Sekretariat Nasional Jaringan GUSDURian. Amanah yang diemban adalah menjadi penghubung dan pendukung kerja-kerja para gusdurian di berbagai penjuru. Dalam menjalankan amanah jaringan, SekNas JGD memfokuskan diri pada program-program penyebaran gagasan, memfasilitasi konsolidasi jaringan, memberikan dukungan pada upaya (program) lokal, program kaderisasi, dan peningkatan kapasitas jaringan.

Selain itu, SekNas juga menjadi koordinator untuk program-program bersama lintas komunitas gusdurian, serta menginisiasi kelas-kelas khusus terkait jaringan. Beberapa di antaranya Kelas Pemikiran Gus Dur, Forum kajian dan diskusi, Kampanye Anti Korupsi, Pelatihan entrepreneurship, Forum budaya, Workshop Social Media, Koperasi Jaringan Gusdurian.

Sedangkan kegiatan-kegiatan advokasi dilakukan melalui organisasi-organisasi yang berafiliasi dengan jaringan gusdurian dalam bentuk dukungan kerja yang bersifat khas. Misalnya untuk respons insiden Sampang melalui CMARs Surabaya, dan seterusnya.



Sumber : gusdurian.net.id





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV