Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Impor Tidak Selalu Menjawab Kebutuhan Pokok Menjelang Lebaran

02 Juni 2018 - 16:17:47 | 121

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Memasuki pertengahan bulan ramadhan, harga kebutuhan pokok saat ini mulai merangkak naik. Hal ini diperkirakan akan terus terjadi hingga menjelang lebaran nanti. Pemerintah diharapkan selalu dapat mengantisipasi kenaikan harga yang sering terjadi menjelang lebaran tiba, seperti pada tahun-tahun kemarin.
Kebutuhan pokok menjelang lebaran menjadi wajib, khususnya bagi umat Islam. Karena, hari lebaran menjadi momen penting bagi umat Islam. Selain berkumpul dan silaturahim, makan bersama menjadi ajang yang harus dinikmati ketika lebaran tiba. Bersama keluarga maupun tetangga dekat.
Bagaimana pemerintah harus mampu memenuhi kebutuhan pokok menjelang lebaran? Yang sekaligus mencegah lonjakan harga bahan pokok menjelang lebaran tahun ini?
Seperti dinyatakan oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy, untuk mengantisipasi momen lebaran pemerintah perlu memastikan stok kebutuhan pokok tetap aman agar kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi. Yangmana kebutuhan pokok tersebut cenderung melonjak, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri.
Pemerintah juga harus bisa menghitung dengan cermat jumlah kebutuhan yang ada. Jangan sampai kebutuhan pokok menjadi langka di pasaran. Bahkan jika perlu impor pemerintah juga perlu cepat melakukannya.
“Pemerintah harus memastikan stok ada. Kalau perlu importasi untuk mengantisipasi mundurnya panen raya. Sementara kebutuhan naik, maka harus datang segera (bahan kebutuhan pokok yang diimpor),” kata Anggota DPR RI tersebut, Rabu, (30/5/2018).
Kendati begitu, impor tidak selalu menjadi solusi jawaban yang tepat dalam memenuhi stok kebutuhan pokok di dalam negeri dan khususnya menjelang lebaran seperti sekarang ini. Alasan tersebut seharaunya menjadi poin penting bagi pemerintah ke depan, sehingga perlu lebih memperhatikan solusi permanen terkait peningkatan produksi dan produktivitas sehingga ke depan tidak disibukkan dengan importasi.
Selain masalah tersebut, stok bahan pokok juga dipengaruhi oleh distribusi barang yang dilakukan. Sehingga diharapkan pemerintah nantinya dapat memberi kebijakan lalu lintas khususnya menjelang lebaran tiba. Agar tetap tidak mengganggu proses distribusi kebutuhan pokok antar daerah. (Ch)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV