Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Jangan Benturkan UU Ormas dengan Umat Islam

02 November 2017 - 16:29:01 | 205

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Setelah disahkannya UU Ormas oleh DPR beberapa hari lalu dengan berbagai drama, manuver bahkan polemik. Kini UU Ormas menginjak babak baru yaitu kelanjutan dari penerimaan bersyarat oleh beberapa fraksi yang kemudian akan mengajukan revisi. Revisi merupakan langkah rasional dan realistis yang harus ditempuh agar UU Ormas benar sesuai rel yang diinginkan yaitu untuk menjaga kedaulatan Indonesia.

Jika dalam sidang paripurna ada yang menolak pengesahan UU Ormas, revisi seharusnya juga menjadi opsi untuk memasukkan apa yang mereka perjuangkan. Bukan hanya bagi pihak yang menerima dengan syarat. Jika pihak yang lantas menolak UU Ormas kemudian berdiam diri atas mekanisme yang tengah berjalan justru menjadi pertanyaan, apa yang sebenarnya diperjuangkan. 

Selama ini, opini yang berkembang soal UU Ormas adalah pembatasan aktifitas umat Islam untuk berkumpul dan menyampaikan dakwah. Tidak lain karena ada Ormas yang telah dibubarkan memiliki latar belakang Islam. Hal itu dijadikan senjata untuk membuat opini bahwa UU Ormas merupakan alat memerangi umat Islam. Opini yang berkembang begitu massif di media sosial rasanya tersebut tidak benar atau boleh dikatakan kurang tepat. Sebab pembubaran Ormas tersebut alasannya bukan soal agama, tetapi upaya perebutan kekusaan dan pendirian khilafah. Hal tersebut mengancam kedaulatan Indonesia sama halnya dengan ancaman yang pernah terjadi dan dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Terlalu jauh rasanya jika membenturkan UU Ormas dengan umat Islam. Semua pemeluk agama bebas melakukan ibadah tidak terkecuali Islam. Bahkan dalam hukum positif Indonesia mengintegrasikan nilai-nilai Islam di dalamnya. Integrasi tersebut antara lain UU Perkawinan, Pendidikan, Hukum Waris dan lain sebagainya. UU Ormas itu dialamatkan bukan hanya pada organisasi Islam, tetapi untuk semua organisasi agar tidak bertentangan dengan Pancasila dan NKRI.

Mari sama-sama melihat dengan terbuka untuk melihat esensi dari sebuah aturan yang dibuat, agar tidak terbawa arus dan banjir kebencian yang dihembuskan. Kita kawal bersama UU Ormas agar dapat menampung aspirasi dan menjadi filter dari gerakan-gerakan yang mengancam keutuhan bangsa. NKRI adalah final, hasil dari perjuangan Ulama dan Santri. Maka dari itu harus kita jaga secara bersama, jangan terpengaruh provokasi pihak-pihak yang berusaha mebenturkan UU Ormas dengan Islam. (ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV