Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Jerih Payah Perkembangan Islam di Panama

06 Oktober 2017 - 20:48:25 | 464

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Islam berkemabang begitu cepat dibelahan dunia saat ini. Sepeninggal Nabi Muhammad Islam berkembang dan mencapai puncak kejayaan sampai kebelahan dunia Barat. Republik Panama pernah menjadi daerah penyebaran Islam masa itu bersama dengan Spanyol. Namun begitu dunia Barat bangkit jejak Islam di Panama yang saat itu berada dibawah kolonilisme Spanyolberusaha dimusnahkan.Pemerintah Spanyol secara sitematis melakukan upaya itu sampai-sampai sumber sejarah mengenai keberaan Islam di Panama tidak pernah disinggung.

Tindakan pemusnahan itu berjalan bertahun-tahun. buku-buku sejarah yang ada pun tidak banyak yang membahas dan mengulas warisan Islam. Peran Bayano dalam proses mengembangkan ajaran Islam di Panama ditutupi dengan sangat rapi. Setalah masa itu baru pada kurun waktu 1904 sampai 1913, ajaran Islam mulai muncul dan berkembang kembali di Panama.

Panama merupakan temapat pertemuan dan silang budaya dari berbagai negara karena statusnya sebagai negara transit. Gelombang imigran dari anak benua India dan lebanonlah yang kemudian mengelorakan kembali dakwah Islam di negara ini. Para imigran tersebut yang kebanyakan laki-laki menikah dengan penduduk lokal kemudian membuat persilangan budaya dan mendorong Islam untuk berkemabang.

Hal itu berlangsung ditahun-tahun berikutnya. Hingga pada 1929, masyarakat Muslim Sunni India-Pakistan dari Bombay, India, menginjakkan kaki mereka di Panama. Mereka awalnya hidup secara individual. Mereka hidup dengan bekal dan kemampuan masing-masing tanpa struktur keluarga yang tersusun secara sistematis. 

Setelah berjalan beberapa tahun Islam berkembang sampai akhirnya dapat membentuk sebuah organisasi dengan nama Panama Muslim Mission. Oragnisasi tersebut merupakan oraganisasi Muslim yang ada di Panama. Melalui prakarsa mereka Masjid akhirnya berhasil didirikan di Kota Panama. Masjid itu tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah tetapi juga di8jadikan tempat mengumpulkan dan bertukar informasi mengenai ajaran Islam, khususnya bagi para mualaf.

Komunitas Muslim yang mendiami wilayah Panama tidak hanya berasal dari wilayah India dan Pakistan. Pada saat itu, juga tercatat ada kelompok masyarakat Muslim lainnya yang berasal dari wilayah Benua Afrika. Ketika masayarakat Muslim disana sudah berkembang dan cukup mampu secara finansial mereka kemudian membeli lahan pekuburan di daerah Arrajain mempunya ada tahun 1963. Lahan yang mereka beli ini difungsikan sebagai pemakaman umat Muslim.

Begitulah Islam berkembang kembali di Panama setelah melalui proses panjang dari kolonialisme Sepanyol hingga merdeka. Tantangan Muslim Panama tidaklah mudah, yang justru membentuk mereka menjadi kuat dengan berkumpul dalam satu wadah organisasi. (Dari Berbagai sumber/ ZA) 





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV