Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Masjid Warisan Masa Dinasti Umayyah

13 Desember 2017 - 22:01:50 | 387

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID – Masa kejayaan Islam dalam sejarah tidak terbantahkan, peninggalannya masih bisa kita lihat sampai sekarang. Salah satunya Masjid Samakhi atau lebih lengkap disebut dengan Masjid Juma Samakhi. Masjid ini berjarak 106 km dari ibu kota Baku, Shamakhi atau Samaxi sebuah distrik di Azerbaijan. Distrik ini menyimpan sejarah panjang perkembangan Islam di kawasan Kaukasus. Sama dengan kawasannya Masjid Samakhi menjadi saksi bisu perkembangan kesejarahan bahkan memiliki catatan cukup monumental. Hal itu sangat wajar karena merupakan peninggalan kekuasaan Daulah Bani Umayyah I dari abad ke-8. 

Kebradaan masjid disuatu daerah memiliki peran penting, sebab biasanya menjdai sentral dakwah bahkan aktivitas sosial kemsayarakatan. Dengan posisi sentral itu maka peran masjid tidak bisa dinafikan begitu saja. Masjid juga menjadi simbol persatuan masyarakat disuatu kawasan sekaligus kejayaan sebuah masa kepemimpinan.

Menurut sejarahnya Masjid Shamakhi dibangun pada743-744 Masehi. Pada masa awal berdirinya masjid ini mengalami berkali-kali kehancuran akibat bencana alam dan perebutan kekuasaan. Sejarah mencatat masjid ini setidaknya mengalami lima kali renovasi dan pemugaran. Terakhir kali Presiden keempat Republik Azerbaijan, Ilham Aliyev, melakukan pemugaran secara besar-besaran. Sejak 2009 proyek pembangunan dimulai dan baru selesai pada 2013. Sebelum mengalami renovasi dan pemugaran masjid ini sempat dibiarkan terbengkali.

Beberapa penelitian arkeologi megungkapkan, Masjid Shamakhi merupakan bukti monumental kedaulatan Islam Dinasti Umayyah I yang telah mencapai kawasan Kaukasus. Masjid Shamakhi juga dianggap sebagai bangunan masjid pertama yang berdiri di kawasan Kaukasus. Peran penting bangunan masjid ini di antaranya menjadi bagian awal dari penyebaran Islam di kawasan Kaukasus serta Asia Tengah.

Hingga kini Masjid Shamakhi masih berdiri walaupun sudah tiada lagi struktur bangunan masjid asli setelah penghancuran berabad-abad silam dan pembangunan kembali. Masjid Shamakhi juga ditetapkan Pemerintah Republik Azerbaijan sebagai salah satu monumen bersejarah penting dalam penyebaran Islam di kawasan Kaukasus. Bentuk arsitekturnya merupakan perpaduan kemegahan arsitektur Islam modern dan tradisional di Azerbaijan. Maka tidak heran jika menjadi salah satu masjid yang dibangun pada era modern, dengan arsitektur terbaik dan terbesar di kawasan negara-negara Kaukasus. (ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV