Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Pemuda Penentu Arah Perkembangan Zaman

12 Januari 2018 - 17:56:25 | 501

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Setiap zaman melahirkan pemimpinya masing-masing, begitupun sudah seharusnya setiap pemimpin mencetak generasi muda harapan masa depan. Pemuda selalu menjadi lakon atau akator dalam sejarah, tidak hanya di Indonesia dibanyak belahan dunia juga demikian. Pada masa kejayaan Islam misalnya muncul tokoh-tokoh muda Usamah bin Zaid, Saad bin Abi Waqqash, Al Arqam bin Abil Arqam dan masih banyak yang lainnya. Ketika usia mereka belum menginjak 20 tahun telah berjuang bersama Nabi Muhammad SAW bahkan menjadi panglima perang. Keberanian dan kecerdasan yang mereka miliki menjadi faktor utama selain ke imanan menjadi landasan mereka bergerak.

Sebagai seorang Nabi yang juga pemimpin negara Madinah, Rasulullah SAW telah mempraktekkan bagaimana mendidik pemuda-pemuda handal memenangkan zaman. Sehingga sepeninggal beliau Islam mampu berkembang ke berbagai belahan dunia dan mengalami puncak kejayaan. Nabi Muhammad SAW memberi kesempata pada pemuda untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh pemuda. Tidak heran ketika Usamah bin Zaid ketiak usianya baru menginjak 18 tahun ditunjuk memimpin pasukan yang anggotanya adalah para pembesar diantanya sahabat Abu Bakan dan Umar untuk menghadapi pasukan terbesar dan terkuat dimasa itu. 

Kenyataan yang demikian itu tentu tidak bisa dipungkiri, terlebih lagi dalam catatan sejarah Indonesia juga ditemui nama-nama pemuda tangguh yang ikut andil dalam perjuangan kemerdekaan. Mereka adalah Soekarno, Mohamad Hatta, Soedirman, Syahrir serta nama lain yang tentu masih banyak. Buah semangat, kegigihan dan perjuangan mereka sebagai generasi muda kala itu Indonesia akhirnya bisa merebut kemerdekaan. Dengan demikian pemuda layak menjadi harapan bahkan bisa dikatakan menjadi penentu arah pergerakan zaman.

Sekarang ini, dimana perkembangan zaman berjalan begitu cepat dan teknologi berkembang sangat maju melahirkan sosok pemuda-pemuda hebat. Berkat kreativitas, kecerdasan dan keberanian yang mereka miliki telah mengubah arah perkembangan zaman terutama dalam bidang ekonomi. Jika sebelumnya yang mengusai dan mendominasi perekonomian dunia adalah perusahaan yang bergerak disektor tambang, properti yang telah beroprasi sangat lama, sekarang mulai tergantikan oleh sektor lain yang dikembangkan dengan teknologi. Pemuda-pemuda itu antara lain adalah Bill Gate (pendiri Microsoft), Steven Jobs (pendiri Apple), dan Mark Zuckerberg (pendiri Facebook) serta lainnya kini telah bergerak merajai perekonomian dunia.

Mengabaikan peran pemuda artinya bersiap-sialah ditinggalkan dan kalah oleh zaman. Mengingat peran pemuda yang sangat besar itu tentu perlu perhatian khusus untuk menjaganya gar tidak salah arah. Pemuda ibaratnya sebuah pisau yang jika dipengang orang yang salah bisa mengnacam diri sendiri dan orang lain, namun jika dipegang oleh seorang koki akan bermanfaat untuk meracik masakan yang enak. Berbagai bukti sejarah dan perkembangan era sekarang, pemuda harus diberi kesempatan lebih sebab pemuda dalah penentu arah zaman. Di tangan pemuda khusunya generasi millenial masa depan ditentukan. (ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV