Logo PPP

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Robot 3D Bisa Membangun Lebih Cepat dan Efisien

18 Mei 2017 - 14:38:27

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Industri percetakan 3D telah jauh berkembang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini ilmuan dari Massachusetts Institute of Technology telah menciptakan robot yang dapat mendirikan bangunan dalam waktu kurang dari 14 jam. Bangunan yang didirikan berupa semacam kubah dengan berdiameter 50 kaki dan tingginya 12 kaki.

Sebagaimana yang diwartakan Islamic News Daily, robot ini berupa prototype kendaraan yang memiliki lengan robot besar untuk menjangkau material bangunan besar dan lengan kecil untuk ketangkasan. Robot ini juga dilengkapi dengan alat-alat lain yang bisa dilekatkan pada lengan yang lebih kecil, seperti sistem pengelasan atau semaacamnya

Steven Keating, mengatakan dalam dalam jurnal Science Robotics "Dengan ini, kita bisa mengganti salah satu bagian penting pembuatan gedung, sekarang juga. Ini bisa diintegrasikan ke dalam situs bangunan besok."

Teknologi robot ini memungkinkan pembangunan gedung dengan lebih cepat  lebih cepat dan efisiean.  Menurut para periset pendirian bangunan menjadi lebih murah dan mudah disesuaikan dibandingkan metode tradisional. Desain juga bebas dibuat dalam bentuk apapun kerena robot ini dapat bergerak menciptakan objek dengan ukuran apapun.

Sistem MIT atau disebut juga Platform Konstruksi Digital nantinya dimaksudkan  dapat bekerja dengan mandiri, meskipun masih mengharuskan manusia untuk memantaunya karena alasan keamanan. Dalam uji coba tersebut, para periset memprogram prototipe untuk membuat. Seluruh sistem dalam robot ini dapat diatur bertenaga elektrik atau dengan panel surya.

Kedepannya peneliti MIT menginginkan sistem mereka dapat dioprasikan di daerah terpencil, seperti di negara berkembang atau di daerah bantuan bencana, misalnya setelah gempa besar, untuk menyediakan tempat berlindung dengan cepat. Namun menurut perkiraan itu masih akan terlaksana  nanti lima sampai 10 tahun lagi. Visi jangka panjangnya yang diinginkan yaitu agar sistem bisa bekerja di tempat-tempat seperti Antartika, Bulan dan Mars untuk membuat bangunan dari bahan lokal seperti debu es atau bulan. (ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV